DBM Eks PNPM-MPd Beralih Menjadi BUMDESMA, Dinas PMD Fasilitasi Pembentukan Asosiasi

Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 4 Tahun 2022

Nganjuk, PING – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Nganjuk melaksanakan kegiatan sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2022 tentang pengalihan pengelola kegiatan Dana Bergulir Masyarakat (DBM) eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) di Aula Ruang Rapat Desa Praja DPMD Kab. Nganjuk pada Selasa (7/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembentukan asosiasi BUMDESMA untuk mempermudah koordinasi antar BUMDESMA di masing-masing Kecamatan. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala DPMD Kab. Nganjuk Puguh Harnoto, SSTP, MM melalui Sekretaris Dinasnya Teguh Ovi Andriyanto, SIP. 

“Perbup ini merupakan rel yang menjadi dasar kita untuk membentuk asosiasi BUMDESMA. Agar dapat mengkoordinasikan program dan permasalahan yang ada di masing-masing BUMDESMA,” tuturnya sembari menyebut keanggotaan Asosiasi BUMDESMA adalah merupakan perwakilan dari unsur-unsur kelembagaan BUMDESMA.

Sementara itu, Kepala Bidang Penataan dan Kerjasama Desa DPMD Hermin Waskitorini, S. KM menyebut adanya Perbup tersebut merupakan bentuk kehadiran Pemerintah Daerah dalam mendukung BUMDESMA agar berkembang dan berkelanjutan.

“Pemerintah hadir untuk melakukan pembinaan dan pengembangan BUMDESMA,” jelasnya sembari berharap kedepan BUMDESMA dapat berjalan baik dengan adanya peraturan yang baru.

Hermin Waskitorini menambahkan dengan adanya peralihan DBM eks PNPM-MPd menjadi BUMDESMA maka pengalihan pengelola kegiatannya juga beralih.

“Pengalihan pengelola kegiatan meliputi pengalihan aset, kelembagaan, personil dan kegiatan usaha,” tambahnya sembari menyebut hal tersebut sesuai pasal 6 ayat (2) Perbup 4/2022. 

Sebagai informasi, pada acara tersebut dihadiri oleh 17 BUMDESMA se Kabupaten Nganjuk. Masing-masing BUMDESMA yang hadir terdiri dari Direktur, Pengawas dan Penasehat. Dari hasil musyawarah mufakat terpilih Suparlan sebagai Ketua Asosiasi BUMDESMA. 

(ALPH/ZK)

 

BACA JUGA:

Kang Marhaen Dorong BUMDesma Tingkatkan Kompetensi

0 Komentar