Cegah Pernikahan Dini, Ini Upaya Dinas PPKB

Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan bagi Remaja

NGANJUK, PING-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Nganjuk menggelar sosialisasi pendewasaan usia perkawinan, Rabu (13/10/2021). Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya pernikahan dini pada remaja.

Hal itu seperti diutarakan Kepala Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk, Dra. Widyasti Sidhartini, M.Si saat acara berlangsung. Disinggung Widyasti, pendewasaan usia perkawinan merupakan upaya meningkatan kematangan umur saat menikah. Sehingga, mencapai usia minimal pada pernikahan.

“Yaitu usia 21 tahun bagi wanita, dan 25 tahun bagi pria,” terangnya pada acara yang berlangsung di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk tersebut.

Lebih dalam Widyasti menjelaskan, tujuan lainnya yakni memberi pengertian dan kesadaran. Khususnya bagi remaja, agar merencanakan usia perkawinan. “Mengingat, saat ini masih banyak pernikahan di usia muda,” lanjutnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupatn Nganjuk, S Wahyuni Marhaen Djumadi. Istri Plt Bupati Kang Marhaen ini menjelaskan, bagi orang tua, harus mempertimbangkan berbagai aspek yang berkaitan dengan kehidupan berkeluarga. Baik fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial maupun ekonomi. “Serta menentukan jumlah anak dan jarak kelahirannya,” ucapnya.

S Wahyuni Marhaen juga  menjelaskan, dampak yang ditimbulkan dari adanya perkawinan di usia dini. Yaitu, bertambahnya jumlah kemiskinan, kematian ibu dan bayi, dan stunting.

“Termasuk di dalamnya ada faktor ekonomi, budaya, maupun kesehatan. Maka kita sebagai orang tua harus bijak dan bisa memberi pertimbangan,” imbuh wanita berjilbab tersebut sambil berharap sosialisasi tersebut menghasilkan harapan bagi remaja dan pihak terkait agar memahami dan menyadari pentingnya meningkatkan usia perkawinan.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut mengundang puluhan peserta. Mereka adalah pengurus TP PKK Kabupaten Nganjuk. Kemudian, pengurus TP PKK tingkat kecamatan di seluruh Kabupaten Nganjuk. (Cy/Cs)

Baca Juga :

0 Komentar