Cegah Peredaran Narkoba, BNNK Nganjuk Gendeng Keluarga

Ikut Berperan dalam P4GN dan Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA

NGANJUK, PING-Keluarga merupakan komunitas terkecil di tengah masyarakat. Namun memiliki peran sangat besar. Dalam rangka pencegahan penyebarluasan narkoba, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk menggandeng keluarga untuk ikut berpartisipasi.

Mukhlis Arianto selaku penyuluh di BNNK Nganjuk mengatakan pihaknya gencar melaksanakan program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Program tersebut diharapkan dapat mendukung efektivitas terhadap pencegahan Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA).

Mukhlis mengatakan, BNNK Nganjuk telah melaksanakan P4GN dengan menyentuh komunitas terkecil, yaitu keluarga sejak 2019 lalu. Dan masih berlangsung hingga tahun 2021 ini. Cara itu dipilih untuk memastikan setiap anggota keluarga tidak ada yang menyalahgunakan narkoba. Jika kampanye P4GN sukses di tingkat keluarga, diharapkan lingkungan sekitar ikut terdampak dari penyalahgunaan narkoba. “Misalnya di tingkat RT dan RW ikut berperan agar narkoba tidak berada di wilayahnya,” katanya.

Di masa pandemi COVID-19 saat ini, penyebaran narkoba di lingkungan pelajar cenderung menurun. Sebab, diberlakukannya sekolah daring. Namun, BNNK Nganjuk tetap melakukan upaya pencegahan. Caranya dengan memberi advokasi di lembaga sekolah.

“Untuk pengamatan kepada siswa yang diduga menyalahgunakan narkoba, pihak akan sekolah melakukan kunjungan ke rumah siswa tersebut atau saat siswa datang ke sekolah. Bilamana ada yang terindikasi menyalahgunakan narboka, kami akan segera melakukan langkah rehabilitasi,” lanjut Muklis.

Jika ditemukan anggota keluarga maupun siswa yang diduga menyalahgunakan narkoba, Mukhlis meminta untuk segera melapor kepada BNNK Nganjuk. Selanjutnya BNNK Nganjuk akan melakukan rehabilitasi. “Mereka yang terkena harus disembuhkan dengan rehabilitasi,” tutupnya.

Bagi orang tua, perhatikan poin-poin berikut. Ciri-ciri di bawah ini indikasi awal bahwa putera puteri Anda terindikasi dalam penyalahgunaan narkoba:

1. Mulai bersikap tertutup, karena perasaan bersalah.

2. Mulai berbohong, seperti meminta uang untuk alasan yang tidak jelas.

3. Melihat polah tingkah lakunya.

4. Emosi yang tidak stabil.

5. Mulai tidak terlalu memperdulikan penampilan.

(Bay/Aeh) 

0 Komentar