Cegah Penyebaran COVID-19, TP-PKK Gelar Rapid Test Gratis Untuk Perempuan

Nyawiji bersama Dinkes, BPBD, IKAPTK, Mbak Yuni ajak seluruh pihak bantu Pemkab Nganjuk atasi COVID-19

Memberantas COVID-19 tak mungkin hanya dilakukan Pemerintah. Butuh partisipasi seluruh unsur Bangsa Indonesia. Bersatu, bergerak bersama.

Berangkat dari semangat itu, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Nganjuk bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Nganjuk menggelar layanan rapid test gratis untuk kaum perempuan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Wanita Nganjuk, Jum’at, (18/12/2020) ini juga dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-92 tahun 2020. Acara ini dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kab. Nganjuk, Hj. Yuni Rahma Hidhayat, SE, didampingi Wakil Ketua TP-PKK, Hj. Yuni Marhaen, Kepala Dinkes, Kepala Dinas Sosial selaku Plt. Kalak BPBD, Tim PKK Kecamatan serta Pengurus IKAPTK. 

Tujuan kegiatan ini yaitu untuk mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus covid-19 tidak semakin bertambah.

Ketua TP-PKK Kabupaten Nganjuk yang akrab disapa mbak Yuni Sophia menjelaskan kasus COVID-19 di Nganjuk saat ini mengalami peningkatan. Begitu juga di semua wilayah belum menurun. Beberapa waktu lalu, status Kabupaten Nganjuk berstatus kuning. Untuk sekarang meningkat menjadi oranye.


(Ketua TP-PKK Kabupaten Nganjuk, mbak Yuni Sophia meninjau kesiapan petugas rapid test)

Lebih lanjut, mbak Yuni mengatakan COVID-19 semakin mengganas, dapat beradaptasi ke lingkungan dan menyerang pernapasan. Jangka waktu sembuh tergantung keganasan COVID-19. "Justru dengan semakin kita tahu lebih awal, kita bisa tahu tindakan selanjutnya dan lebih diobati sedari dini', ujar mbak Yuni.

Mba Yuni juga mengajak dan menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan mematuhi protokol Kesehatan. 

“Jangan lupa patuhi 4M, tetapi kalau saya 5M. Dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir, menjaga jarak menghindari kerumuman, menjaga imun tubuh, yang kelima menjaga iman!” ajak mbak yuni.

Dalam kesempatan kali ini, Mbak Yuni juga mengucapkan selamat hari ibu. Semoga para ibu bisa menjadi pelopor untuk memberikan kesadaran kepada keluarga dan sekitarnya dalam menerapkan protokol kesehatan pada pandemi saat ini. Karena ibu merupakan seorang figur yang menjadi contoh menerapkan protokol kesehatan di dalam keluarga.

(Bersama melawan COVID-19 di Kabupaten Nganjuk)

Mbak Yuni mengajak seluruh anggota dan masyarakat untuk berkomitmen agar terus membantu pemerintah Kabupaten Nganjuk untuk mengatasi tejadinya penyebaran Covid-19. Ibu empat anak itu juga menghimbau untuk malam tahun baru kali ini tidak ada pesta kembang api seperti sebelumnya.

Dengan kegiatan rapid test ini diharapkan covid-19 bisa dilakukan pencegahan dan juga pengendalian Tidak hanya pemerintah, tetapi masyarakat juga ikut mematuhi protokol kesehatan, dan menahan diri untuk berlibur. (Niar/Yin)

0 Komentar