Bupati Pimpin Rakor Akselerasi Pembangunan KING

Sampaikan Beberapa Usulan, Pemprov Beri Apresiasi

Untuk mendukung percepatan pembangunan Kawasan Industri Nganjuk (KING), Pemkab Nganjuk menyelenggarakan rapat koordinasi bersama Pemprov Jatim, Jumat (05/02/2021). Rakor di Ruang Rapat Roro Kuning itu dipimpin oleh Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos,MM.

Hadir dalam rakor itu Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jatim Dr. Djumadi. Turut hadir perwakilan Dishub Jatim, DPMPTSP Jatim, Bidang Tata Ruang dan Cipta Karya dan Bina Marga Jatim. Hadir pula Sekretaris Daerah Nganjuk Drs. Mokhamad Yasin, M.Si, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dalam rakor tersebut Mas Novi menyampaikan usulannya terkait sarana pendukung akses jalan kabupaten di kawasan KING. Tujuannya untuk dijadikan jalan provinsi, dengan pembangunan cor beton serta lebar kurang lebih sepuluh meter.

“Alhamdulillah, usulan ini menemui titik terang. Jalan sepanjang 8,77 kilometer dari Begadung – Ngangkatan serta Rejoso – Ngangkatan akan segera direalisasikan oleh Pemprov Jatim menjadi jalan provinsi dalam mendukung akses KING," tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya akses  Tol Trans Jawa, UMK yang kompetitif dan luas lahan 1900 hektar Mas Novi optimis, dengan KING ini Kabupaten Nganjuk bisa menjadi sentra industri baru. Serta menjadi daerah alternatif pengembangan ekonomi di Jawa Timur.

Sementara itu, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jatim Dr. Djumadi memberikan beberapa masukan.  Di antaranya, bahwa KING harus mempunyai definisi yang berbeda dengan kawasan industry lainnya. Selain itu, dari sisi marketing terkait. Sosialisasi keberadaan KING supaya terus digencarkan. "Hal ini bertujuan agar para investor bisa tertarik menjadi salah satu bagian pengembang perekonomian di Kabupaten Nganjuk," katanya.

Lebih lanjut Djumadi mengatakan, bahwa progress KING 4 agar segera dikembangkan. Karena didukung dengan lahan pemkab dan Perhutani yang memadai. “Segera lakukan kajian pengelolaan kawasan industri," tambahnya.

Perlu diketahui, bahwa rakor ini merupakan apresiasi Pemprov Jatim kepada Pemkab Nganjuk untuk percepatan pembangunan KING yang masuk dalam kategori Proyek Strategis Nasional (PSN). Hasil rakor tersebut, akan dilaporkan kepada Gubernur Jatim. Serta akan dibahas dalam virtual meeting yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2021. (Hs/Ys, foto:humaskabnganjuk)

0 Komentar