Bupati Nganjuk Lakukan Monitoring Posko Tanggap Bencana

Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, M.M bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk melakukan monitoring posko tanggap bencana yang berlokasi di Desa Talang, Kecamatan Rejoso, Rabu 08/01/2020.

Selain melakukan monitoring posko tanggap bencana, Bupati Novi beserta jajaran forpimda sekaligus menyaksikan secara langsung situasi dan kondisi daerah terdampak banjir yang berada di Desa Klagen, Kecamatan Rejoso.

Bupati beserta rombongan berangkat dari Mapolres Nganjuk sekitar pukul 08.00. Dengan mengendarai motor trail, Bupati beserta rombongan, termasuk jajaran forkompimda langsung menuju posko tanggap bencana.

Setibanya di sana, Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk, mengungkapkan bencana banjir kali ini terjadi akibat adanya penyempitan aliran sungai.

“ Sehingga, ketika ada limpahan debit air yang terlalu besar pada puncak musim penghujan, air secara alami mencari jalannya sendiri. Dan mengakibatkan terjadinya luapan air sungai yang menimbulkan banjir, “ ujar Mas Novi.

Melihat situasi tersebut, menurut Mas Novi, Pemerintah Kabupaten Nganjuk akan menerbitkan surat tanggap darurat. Sehingga, dengan surat tersebut BPBD akan segera membuat tanggul sementara.

“ Serta membuat plengsengan-plengsengan untuk mencegah terjadinya longsor pada tanggul sungai, serta rusaknya aliran sungai, “ jelasnya.

Mas Novi berharap ke depan Pemerintah Kabupaten Nganjuk akan melakukan pengerukan atau normalisasi sungai. Khususnya, yang berada di wilayah terdampak bencana kali ini. (Hs-Ys/Diskominfo,foto:humaskabnganjuk)

0 Komentar