Buka Sosialisasi Peningkatan Etika dan Budaya Politik, Ini Pesan Sekda

Mengajak Masyarakat Ikut Ciptakan Situasi Politik yang Kondusif

NGANJUK, PING- Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nganjuk menggelar sosialisasi peningkatan etika dan budaya politik bagi masyarakat pada Kamis (25/11/2021). Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Roro Kuning tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Drs. Mokhamad Yasin, M.Si.

Hadir mewakili Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA, Sekda Yasin menyampaikan definisi politik sebagai fitrah. "Begitu kita lahir sudah berpolitik. Yaitu supaya diketahui bahwa kita adalah sebagai kholifatullah yang dilahirkan di muka bumi dan diketahui masyarakat," jelas Sekda Yasin.

Sementara budaya, menurut pria berkacamata ini, adalah berasal dari kita sendiri sebagai masyarakat. Dengan harapan bisa diimplementasikan dan menambah pengetahuan dalam rangka mempertahankan hidup. Dan politik, juga suatu strategi dalam rangka untuk mencapai tujuan demi kemaslahatan umat dan demi kelestarian bangsa. 

"Maka harus diciptakan melalui konteks budaya. Sehingga tidak akan terasa tetapi tujuan akan tetap tercapai yaitu budaya politik yang kondusif dan bermartabat," lanjutnya sambil mengajak peserta turut menjaga kondusifitas politik di Kota Bayu.

(Kepala Kesbangpol Gatut Sugiarto, M.Si saat memaparkan materi mengenai etika dan budaya politik kepada para peserta undangan).

Melalui kegiatan tersebut, Yasin berharap dapat tercipta budaya politik yang mengutamakan kejujuran. Serta menjadi suri tauladan bagi masyarakat dalam menjaga situasi kondusif untuk terwujudnya Nganjuk yang gemah ripah loh jinawi. "Mari kita ciptakan budaya politik di Nganjuk dengan mengutamakan kejujuran, uswatun khasanah kita harus menjadi suri tauladan bagi masyarakat," tutup Yasin.

Sebagai informasi turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kesbangpol Kabupaten Nganjuk Gatut Sugiarto, M.Si. Kemudian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk, Pujiono, S.TP. Turut mengundang para tokoh politik dari berbagai partai politik, serta para tokoh masyarakat Kabupaten Nganjuk.(yos/cy)

 

Baca Juga :

0 Komentar