Buka Musrenbang Perubahan RPJMD, Ini Harapan Kang Marhaen

Terwujudnya Masyarakat dan Kabupaten Nganjuk yang Lebih Baik

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nganjuk tahun 2018-2023, Senin (18/10/2021). Kegiatan berlangsung virtual, dan dibuka oleh Kang Marhaen dari ruang kerjanya.

Musrenbang perubahan RPJMD diikuti oleh puluhan peserta. Mereka adalah para pemangku kepentingan dari lintas sektor. Misalnya, jajatan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Kemudian, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nganjuk.

Turut mengundang, berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Organisasi Masyarakat (ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), maupun perguruan tinggi di Kota Bayu.

Dalam sambutannya Kang Marhaen menjelaskan, diharapkan kegiatan tersebut bisa mengefektifkan RPJMD 2018-2021. Dengan cita-cita, yaitu terwujudnya masyarakat maupun Kabupaten Nganjuk yang lebih baik.

“Yaitu terwujudnya kemandirian ekonomi, kemantapan infrastruktur, dan masyarakat yang sejahtera. Kemudian Nganjuk yang aman, harmonis, berkepribadian, dan berkepudayaan. Serta tata kelola pemerintahan yang baik. Ini yang menjadi tujuan kita di tahun 2023 nanti,” tegas Kang Marhaen.

(Pelaksanaan Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Nganjuk Tahun 2018-2023 dilaksanakan secara online atau virtual. Para peserta mengikuti dari Ruang Kerja masing-masing).

Kang Marhaen juga memaparkan sepuluh isu stratrgis yang menjadi pijakan dalam perubahan RPJMD Kabupaten Nganjuk. Sepuluh isu tersebut antara lain, pertama adalah pengarusutamaan SDGs dan SDGs desa.

Kemudian kedua, tata kelola pemerintah dan pelayanan publik. Ketiga, inovasi pembangunan daerah berbasis ICT.

Keempat, kualitas SDM unggul dan berkarakter. Kelima, ketahanan sosial. Keenam, penguatan daya saing. Ketujuh, pemulihan dan pemantapan ekonomi.

Kemudian kedelapan, pengentasan kemiskinan. Kesembilan, kelestarian lingkungan. Dan kesepuluh, mengurangi pengangguran.

“Kesepuluh isu strategis ini harus menjadi pijakan RPJMD kita,” tutup Kang Marhaen sambil mengajak para peserta bersatu untuk Nganjuk yang lebih baik.

(ZK/AL)

 

Baca Juga :

Rekomendasi

judul.

0 Komentar