Buka Forum Konsultasi Publik, Bupati Dorong Ide Baru Perubahan RPJMD

NGANJUK, PING-Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, MM membuka Forum Konsultasi Publik Perubahan RPJMD yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rabu (03/03/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk tersebut digelar dalam rangka perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nganjuk tahun 2018-2023.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa perubahan RPJMD Kabupaten Nganjuk tahun 2018-2023 tidak mengubah substansi awal visi misi Pemkab Nganjuk di bawah masa pemerintahan Bupati Novi dan Wabup Marhaen. Yaitu tentang Tri Cita Bhakti Kabupaten Nganjuk.

“Ada enam visi-misi yang terdapat dalam perubahan RPJMD Kabupaten Nganjuk tahun 2018- 2023 yang bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Nganjuk yang maju dan bermartabat,“ ujarnya saat membuka acara secara virtual melalui sambungan Zoom Meeting tersebut.

Dari enam poin yang ditekankan tersebut, Bupati mengatakan antara lain, pertama dengan mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang damai dan harmonis, berdasarkan ketuhanan Yang maha Esa serta dapat memelihara kerukunan, ketentraman dan ketertiban.


( Rivew RPJMD yang berlangsung di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk )

Kedua meningkatkan kinerja birokrasi yang bersih, professional dan akuntabel demi memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien melalui penyelenggaraan yang aspiratif, partisipatif dan transparansi.

Ketiga meningkatkan dan mewujudkan kesejahteraan pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas.

Selanjutnya, yang keempat adalah meningkatkan keberpihakan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis pertanian dan potensi lokal serta sektor produktif lain berbasis teknologi tepat guna.

Adapun yang kelima meningkatkan kebanggaan terhadap kesenian, kebudayaan dan kearifan lokal yang mampu mendorong pembangunan sektor pariwisata.

Dan yang terakhir keenam adalah infrastruktur publik yang memadai dan berkualitas sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan perlindungan dari bencana.

“Enam misi yang menjadi pedoman RPJMD di Kabupaten Nganjuk tahun 2018–2023. Saya berharap kedepan ada lagi ide-ide segar untuk mendukung RPJMD Kabupaten Nganjuk selanjutnya,“ imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Adam Muharto mengatakan meskipun ditengah pandemi COVID-19, perubahan RPJMD Kabupaten Nganjuk tetap dilaksanakan secara daring. Perubahan RPJMD disesuaikan dengan peratutan yang berlaku. Dengan tetap menjalani visi misi Kabupaten Nganjuk, dengan 14 program unggulan dan Tri Cita Bhakti dengan fokus utama pembangunan infrastruktur, Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan kemandirian ekonomi. "Program akan dirubah sesuai regulasi yang ada," kata Adam.

Untuk diketahui, pelaksanaan perubahan RPJMD tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 86/2017 tentang Tata Cara perencanaan, pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan. (Hs/Ys)

0 Komentar