Buka FKP Ranwal RKPD Tahun 2023, Ini Pesan Kang Marhaen

Jaring Masukan dan Saran Masyarakat untuk Ditindaklanjuti oleh Perangkat Daerah

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023, Kamis (20/01/2022). Dalam arahannya, kepala daerah yang dikenal akrab dengan wong cilik itu mendorong perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk agar memperhatikan masukan masyarakat agar dapat ditindaklanjuti.

"Masukan dan saran tersebut kemudian akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan, dan ditandatangani oleh pimpinan perangkat daerah, serta perwakilan masyarakat yang hadir pada acara ini," tutur Kang Marhaen membuka acara yang berlangsung di Ruang Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk itu.

Menurut Kang Marhaen, FKP tidak hanya sekadar rutinitas dan kegiatan tahunan saja. Akan tetapi berkelanjutan. Apalagi, FKP Ranwal RKPD sangat penting bagi pembangunan Kota Bayu.

"Untuk itu diperlukan adanya rencana aksi dalam pelaksanaannya. Diperlukan komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi pada semua sektor. Demi mewujudkan Nganjuk yang maju dan bermartabat," tandas Plt Bupati Kang Marhaen.

(Acara diikuti oleh seluruh OPD dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Nganjuk) 

Dijelaskan Kang Marhaen, melalui FKP, pihaknya berharap agar pada tahun 2023 menjadi akhir pencapaian RPJMD. Khususnya di masa pemerintahannya.

RPJMD itu, diharapkan bisa dijalankan secara maksimal, demi menjawah proyeksi dan tantangan. Baik saat ini, maupun yang akan datang. Serta menjawab isu-isu strategis pada 2023. "Tentunya dengan didukung evaluasi capaian-capaian hasil perencanaan yang sudah dijalankan," tambahnya.

Ditambahkan Kang Marhaen, sesuai arah kebijakan pembangunan Kabupaten Nganjuk tahun 2023, di dalam RPJMD tahun 2018-2023 disebutkan mewujudkan kemandirian ekonomi, kemantaban infrastruktur, masyarakat sejahtera, aman, harmonis, keberpihakan, dan berkebudayaan. Serta tata kelola pemerintahan yang baik.

"Maka diperlukan sinkronisasi, sinergritas dan konsistensi. Ini demi mewujudkan, visi misi Pemkab Nganjuk yang maju dan bermartabat. Serta menyukseskan 14 program unggulan pemerintah daerah pada tahun 2023," pesan Kang Marhaen kepada peserta FKP.

Sebagai informasi, turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Drs. Mokhamad Yasin, M.Si. Kemudian para pejabat dan pimpinan perangkat daerah di lingkup Pemkab Nganjuk. Turut mengundang pula para tokoh masyarakat, dan para pemangku kebijakan di Kota Bayu.

Adapun FKP tersebut diinisiasi oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Nganjuk. FKP juga merupakan rangkaian tahapan yang harus dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan, sebelum perumusan rancangan akhir RKPD. Hal itu berdasar pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 86/2017 yang mengamanatkan bahwa, rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah, dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik, dengan tujuan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan lebih lanjut.

"Capaian kerja, sasaran strategis, dan idenfitikasi perangkat daerah yang perlu dilakukan rencana aksi pada RPJMD 2018-2023 dibahas pada forum ini," tutup Kepala BAPPEDA Kabupaten Nganjuk, Suharono, S.Sos, MM. (Hs/Bay)

0 Komentar