BKD Kawal Program Pemkab Nganjuk Peningkatan Kinerja Abdi Negara

NGANJUK, PING-Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengadakan acara bertajuk ‘Pentingnya Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Instansi Pemerintah’ secara virtual, Senin (26/04/2021). KASN hanya mengundang delapan pemerintah daerah untuk mengikuti acara itu. Salah satunya adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

Mewakili Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, MM, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Nganjuk Drs. Adam Muharto, AP, M.Si beserta jajarannya mengikuti acara tersebut secara virtual di Ruang Command Center Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memonitoring pelaksanaan sistem Merit. Tujuannya agar dapat merekrut ASN yang profesional, berintegritas dan menempatkannya pada jabatan-jabatan birokrasi pemerintah yang sesuai dengan kompetensinya.

Selain itu, sesuai UU No 05/2014, sistem Merit merupakan kebijakan dalam manajemen ASN dengan beberapa dasar. Seperti kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa mempertimbangkan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal-usul, jenis kelamin, status pernikahan, usia, maupun kondisi fisik.

Dalam paparannya, Komisioner KASN Sri Hadiati Wara Kustriani mengatakan bahwa acara tersebut bertujuan melaksanakan perintah Undang-Undang (UU) No 05/2014. Dimana KASN memiliki tugas untuk melakukan pengawasan penilaian sistem Merit.

“Pertama tentunya kita ingin melakukan perbaikan manajemen ASN untuk kepentingan ASN sendiri, maupun untuk kepentingan organisasi dimana ASN tersebut bernaung. Kedua tentunya kita ingin meningkatkan kinerja organisasi dengan memperbaiki manajemen ASN yang merupakan kunci dari seluruh kegiatan di sebuah organisasi,” ungkapnya.

“KASN akan berkolaborasi dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna implementasi UU 05/2014 tersebut. Mudah-mudahan gayung bersambut, kita bekerjasama dengan optimal. Kita bisa menghasilkan SDM maupun ASN yang profesional, yang dapat membantu pimpinan daerah untuk mencapai visi misinya,” lanjut Sri Hadiati.

Asisten KASN Mugi Sariadi menambahkan, tujuan penerapan sistem Merit adalah untuk mempercepat pengisian maupun penelitian mandiri yang dilakukan oleh instansi pemerintah. Sehingga dapat menjadi dasar verifikasi dan penilaian dari sistem Merit itu sendiri.

“Kami, KASN berharap dengan pertemuan ini dapat menindaklanjuti penerapan sistem Merit agar instansi atau peserta yang hadir memahami bagaiman pentingnya penerapan sistem Merit bagi instansi. Serta juga bagi para PPK, dan lebih luasnya lagi bagi para ASN,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BKD Kabupaten Nganjuk Drs. Adam Muharto, AP, M.Si mengatakan ASN di lingkungan Pemkab Nganjuk harus semakin meningkatkan kinerjanya. Sebab, dengan sistem Merit, dapat mengukur kualifikasi, kopetensi dan kinerja. “Tingkatkan pelayanan kita kepada masyarakat,” pesan Adam.

0 Komentar