Beri Perhatian ODGJ, Ini yang Dilakukan Dinsos PPPA

Beri Sembako untuk Logistik Bedah Rumah Mad Sareh Warga Tegaron, Prambon

NGANJUK, PING-Kondisi memperihatinkan dialami oleh Mad Sareh, warga Desa Tegaron, Kecamatan Prambon. Semakin miris lagi, pria yang sehari-hari tinggal di rumah kecil tidak laik huni itu, ternyata juga sebagai Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Sebagai bentuk perhatian, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Nganjuk memberi bantuan berupa bedah rumah. Sebagai persiapannya, Dinsos PPPA memberikan bantuan sembako, yang akan dipergunakan untuk logistik bedah rumah, Kamis (17/06/2021). 

Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk, Nafhan Tohawi, SH, MH beserta istri, Wiwik Nafhan Tohawi. Turut mendampingi, Camat Prambon, Kuwadi. Kemudian Taruna Tanggap Bencana (Tagana), dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) setempat.

Kepada PING, Nafhan Tohawi menjelaskan, rencananya bedah rumah berlangsung mulai Jumat (18/06/2021). Sedangkan yang terlibat adalah perangkat desa dan warga sekitar, dengan sistem gotong royong maupun kerja bakti membangun rumah Mad Sareh, agar lebih laik huni.

“Bentuk sinergitas dan gotong royong warga Desa Tegaron ini perlu dicontoh dalam penanganan penderita ODGJ yang identik dipasung. Ini tantangan bagi masyarakat yang sehat, untuk membantu warga lain yang sering mendapat stigma negatif di masyarakat,” tutur Nafhan.

Sementara itu, Wiwik Nafhan Tohawi, yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat. Apalagi, secara swadaya dan gotong royong membantu menyukseskan bedah rumah Mad Sareh. “Apalagi ini saat pandemic COVID-19. Waktu yang tepat untuk saling bersinergi, menekan angka pemasungan dan penelantaran ODGJ. Agar mereka hidup lebih baik lagi,” tutupnya.

Baca Juga :

Dinsos PPPA Tularkan Pengalaman Tangani PSKS Kepada DPRD Lamongan

0 Komentar