Begini Upaya Pemerintah Kecamatan Nganjuk Membersihkan Sampah Visual

Bersihkan Iklan yang Menempel pada Pohon di Kelurahan Jatirejo

NGANJUK, PING- Pemerintah Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk melakukan pembersihan sampah visual berupa iklan, banner, baliho, pamflet yang berada dan menempel pada pohon, kamis (18/11/2021). Kegiatan dipusatkan di sekitar Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Nganjuk. 

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Nganjuk, Jose Dinis G.L., selama ini pihaknya rutin melakukan pembersihan sampah visual. Walaupun sudah dilakukan pembersihan rutin, ternyata masih banyak pula sampah visual yang berada di pohon. 

Penempelan iklan, banner, pamfet dirasa sangat mengganggu. Dikarenakan menghalangi pandangan. Apalagi, juga melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Nganjuk No. 08/2013 tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum. 

Dari penyisiran tersebut, akhirnya beberapa banner yang terpasang di pohon terpaksa harus dicopot. “Banner ini harus dicopot karena melanggar perda terutama banner yang dipaku. Selain itu pemasangan banner iklan harus mematuhi perda dan harus memiliki izin terlebih dahulu,” ujar Jose sambil menyenut pemasangan banner tersebut berpotensi merusak pohon dan keindahannya.

Untuk itu, Jose berharap kepada pemilik usaha untuk tidak memasang, menempel ataupun memaku spanduk atau banner iklan yang merusak pohon. “Karena ada aturannya,” tutup Jose.

0 Komentar