Begini Cara Kelurahan Mangundikaran Kenalkan Seruni Eco Wisata

Lomba Mural Buis Beton dengan Tema Budaya Nusantara

NGANJUK, PING-Pemerintah Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk membuat gebrakan dengan menciptakan Seruni Eco Wisata. Lokasinya berada Jalan Diponegoro I, atau lebih dikenal dengan sebutan Gang Seruni. Guna semakin menggaet perhatian, pemerintah kelurahan setempat menggelar lomba mural dengan media buis beton.

Lomba mural berlangsung selama dua hari. Yaitu Sabtu (04/09/2021) hingga Minggu (05/09/2021). Sedangkan tema yang diusung adalah "Budaya Nusantara". "Lomba kali ini diikuti 25 kelompok. Mulai dari kategori pelajae hingga umum," terang Lurah Mangundikaran, Azfandi Miftakhul Yaqin, S.STP,  M. AP kepada PING di sela menyaksikan lomba mural. 

Sebagai informasi, lomba tersebut turut dihadiri oleh Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Nganjuk Drs. Gunawan Widagdo, M.Si. Dalam sambutannya Gunawan mengapresiasi lomba tersebut. Karena menjadi suatu gagasan yang bagus.

"Kita apresiasi. Walaupun mural bukan merupakan budaya Indonesia, namun kegiatan ini sangat luar biasa. Apa yang dilakukan oleh kepala kecamatan, kepala kelurahan, serta tokoh masyarakat yang ada disini bisa mengangkat tema budaya nusantara," ujar Gunawan membuka lomba yang berlangsung di sepanjang jalan Gang Seruni tersebut.

(Ketua RT.01/RW.04 Kelurahan Mangundikaran bersama warga mengapresiasi dan mendukung salah satu kelompok peserta yang mengikuti lomba mural di Gang Seruni)


Gunawan berharap, dengan tema budaya nusantara, dapat memberi pelajaran kepada masyarakat. Terutama terkait kebhinekaan.

"Kebhinekaan yang ada di nusantara nantinya dapat dilihat miniaturnya di Gang Seruni. Semoga ide dan upaya menjadikan Gang Seruni sebagai kawasan eco wisata dapat terwujud," lanjutnya.

Sementara itu, Camat Nganjuk Hari Moektiono, S.STP, M.AP mengatakan, Gang Seruni sejak dulu merupakan ikon yang ada di wilayah Kecamatan Nganjuk.

Sebab, warga setempat dikenal kompak. Bahkan sering menjuarai lomba. Terutama lomba terkait lingkungan.

"Dengan sukses terselenggaranya lomba mural ini, semakin meyakinkan bahwa warga Gang Seruni kompak. Semoga senantiasa sukses ke depan," tutup camat yang pernah menjadi Lurah Mangundikaran itu. (Bay)


Baca Juga:

0 Komentar