Begini Cara Disnakerkop UM Turunkan Angka Pengangguran

Memperluas Informasi Lowongan Pekerjaan dan Memfasilitasi Pencari Kerja

NGANJUK, PING-Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop UM) Kabupaten Nganjuk berupaya menurunkan angka pengangguran di Kota Bayu. Ada berbagai upaya yang dilakukan. Antara lain, memperluas informasi lowongan pekerjaan. Serta memfasilitasi para pencari kerja.

Hal itu seperti dikatakan Kepala Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk, Drs. Supiyanto, MM. Menurut Supiyanto, dari data yang ada, jumlah penduduk usia kerja di Kabupaten Nganjuk mencapai 839 ribu jiwa. Dengan angkatan kerja mencapai 552 ribu jiwa. Artinya, 287 ribu orang bukan termasuk angkatan kerja. "Usianya antara 18 sampai 45 tahun," katanya saat menjadi narasumber 105,3 RSAL FM, Kamis (22/07/2021).

Dari jumlah tersebut, Disnakerkop UM berupaya mengurangi angka yang bukan angkatan kerja. Caranya dengan menggandeng berbagai perusahaah. Apalagi saat ini telah ada Kawasan Industri Nganjuk (KING). Sehingga banyak peluang untuk bekerja di sektor industri. 

Ia lantas memberi contoh, salah satu perusahaan membuka lowongan pekerjaan bagi 5 ribu tenaga kerja wanita bagian produksi. Dimana 80 persen diprioritaskan bagi warga lokal untuk bekerja. "Maka kami fasilitasi, agar warga lokal memiliki akses untuk bekerja di daerah sendiri," lanjutnya.

(Kepala Disnakerkop UM Nganjuk dan Kabid Penempatan Tenaga Kerja beserta staf saat mengisi acara talkshow RSAL FM 105,3).

Sementara itu Marsini selaku Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk menyampaikan bahwa agar informasi dapat sampai kepada masyarakat Disnakerkop UM memanfaatkan website maupun media sosial dan aplikasi Nganjuk Smart City. Serta bersurat kepada camat, untuk disosialisasikan hingga di tingkat desa. "Agar masyarakat lapisan paling bawah bisa memperoleh informasi lowongan kerja lebih mudah dan efisien," tutup Marsini pada acara yang dipandu Asti Hanifa itu.

 

Baca Juga :

0 Komentar