Begini Arahan Kang Marhaen untuk Lindungi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

Inventarisir, Analisa dan Sinkronisasi Area Persawahan untuk Aktivitas Cocok Tanam

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA membuka sosialisasi terkait rekomendasi perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) yang digelar oleh Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Nganjuk, Selasa (30/2/11/2021). Acara yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Nganjuk tersebut dalam rangka untuk menginventarisasi, menganalisis, dan menyamakan atau sinkronisasi tentang lahan pertanian dan berkelanjutan di Kota Bayu.

"Pertanian adalah penghasil utama di Kabupaten Nganjuk. Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB Kabupaten Nganjuk pada urutan pertama adalah kontribusi dari pertanian," tutur Kang Marhaen membuka acara.

Untuk itu, menurut Kang Marhaen diperlukan analisa agar lahan pertanian terus berkelanjutan. Namun harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Termasuk dengan data yang dimiliki Disperta, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), maupun Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Semua unsur tersebut menjadi masukan untuk LP2B dalam dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW Kabupaten Nganjuk," tambahnya sambil menyebut pemerintah harus betul-betul fokus dan harus memiliki tim agar memiliki pemahaman yang sama dalam menyikapi intervensi perlindungan lahan pertaian pangan berkelanjutan.

Kang Marhaen berujar, Kota Bayu tengah masuki kawasan industri. Sehingga semua pihak harus cerdas, bagaimana memilah dan memilih agar lahan pertanian jangsn sampai habis.

Apalagi, penetapan perlindungan LP2B di dalam atau di luar Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B), serta Lahan Cadangan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LCP2B) di dalam atau di luar KP2B, telah diatur dalam UU No 41/2009. "Sesuai peraturan perundang-undangan dan data, ini merupakan cara memasukkan dalam menentukan LP2B," ungkapnya sambil berharap pertanian di Kota Bayu semakin eksis dan berkembang.

Kegiatan tersebut turut diikuti oleh peserta dari berbagai unsur. Sepeti DPRD Kabupaten Nganjuk, maupun perangkat daerah terkait. Termasuk Balai Pelatihan Pertanian (BPP) seluruh Kabupaten Nganjuk. (El/Cy)

 

Baca Juga:

Rekomendasi

judul.

0 Komentar