Amankan Pedestrian, Dishub Kab. Nganjuk Bentuk Satgas Khusus

Satgas Khusus terdiri dari Satgas Sepeda Motor, Satgas Sepeda Kayuh dan Satgas Hoverboard

Menurut Pasal 1 angka 26 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pejalan Kaki adalah setiap orang yang berjalan di ruang lalu lintas. Karena aktivitasnya yang bergerak, maka pejalan kaki dianggap bagian dari pergarakan lalu lintas. Untuk menjamin keselamatan pejalan kaki, maka diatur hak dan kewajibannya dalam berlalu lintas serta hak atas ketersediaan fasilitas pendukung. 

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Nganjuk telah menyediakan fasilitas untuk pejalan kaki berupa Area Pedestrian di sepanjang Jl. Ahmad Yani Nganjuk Kota, dengan tujuan untuk mempercantik daerah pusat kota dan tentunya untuk membudayakan berjalan kaki bagi masyarakat Nganjuk. Menurut penelitian, budaya berjalan kaki sangatlah bermanfaat. Salah satu manfaatnya yaitu lingkungan yang semakin sehat karena berkurangnya polusi udara. Dengan berkurangnya polusi udara, tentunya membuat masyarakat semakin sehat. 

Dalam rangka mendukung program tersebut dan juga memberikan rasa nyaman kepada masyarakat pengguna fasilitas Pedestrian tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk telah menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) Khusus yang bertugas untuk menjaga ketertiban dan keamanan di area tersebut. Satgas tersebut dilengkapi dengan fasilitas pendukung sesuai kebutuhan di lapangan yaitu sepeda motor, sepeda kayuh dan hoverboard. 

Adapun tugas dari Satgas Pedestrian tersebut adalah sebagai berikut: 

• Satgas Sepeda Motor bertugas di selutuh area jalan raya sepanjang Jl. Ahmad Yani dengan mencegah kendaraan yang dilarang masuk untuk melintas atau parkir di sepanjang Jalan Ahmad Yani; 

• Satgas Sepeda Kayuh dan hoverboard bertugas menertibkan parkir dan mensterilkan area pedestrian sesuai peruntukannya yaitu hanya untuk pejalan kaki. 

Satgas Khusus ini bertugas mulai pukul 06.00 s/d 21.00 WIB yang terbagi menjadi 3 shift. Dinas Perhubungan juga menyiapkan posko pada titik tertentu sebagai pusat layanan masyarakat khususnya bagi pengguna Area Pedestrian. 

Dengan adanya satuan tugas ini diharapkan pelayanan dasar masyarakat khususnya kenyamanan di Area Pedestrian Jl. Ahmad Yani Nganjuk Kota dalam berlalu lintas dapat terwujud dengan baik. Masyarakat dapat dengan mudah menikmati fasilitas ini sekaligus ketertiban dan keindahan koridor Jl. Ahmad Yani Nganjuk Kota terjaga, sehingga diharapkan budaya berjalan kaki dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam upaya pencegahahan penyebaran COVID-19. 

0 Komentar