644 Orang CPNS Ikuti Latsar dengan Materi Ketahanan Nasional

Tumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

NGANJUK, PING-Sebanyak 644 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti pelatihan dasar (latsar) dengan materi ketahanan nasional, Rabu (16/06/2021). Ada dua narasumber yang menyampaikan materi dengan tujuan menumbuhkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu. Narasumber pertama adalah KBO Satintelkam Polres Nganjuk, Iptu Sutoyo, SH. Kemudian, Danramil Tanjunganom Kapten Inf Kustono, selaku perwakilan dari Dandim 0810/Nganjuk.

Iptu Sutoyo, SH memaparkan kepada para peserta latsar CPNS tentant pentingnya menjaga kondusifitas keamanan nasional. Ketahanan nasional adalah kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gagasan. Baik yang datang dari luar negeri maupun dalam negeri sendiri, yang secara langsung dan tidak langsung. “WNI wajib menjaga ketahanan nasional. Kita harus siap untuk ikut dan berperan sesuai dengan bidang dan tugas masing-masing,’’ pesan Iptu Sutoyo.

Kapten Inf Kustono Danramil Tanjunganom, perwakilan dari Dandim 0810/Nganjuk menyampaikan kepada peserta Latsar CPNS tentang pentingnya memberikan pelajaran dan doktrin sedini mungkin pentingnya menjaga ketahanan nasional.

Sementara itu, Kapten Inf Kustono dalam paparanya menyampaikan,  bahwa bela negara dalam ketahanan nasional sangat penting untuk diketahui oleh semua warga negara. Khususnya generasi muda. Dan tanggung jawab bela negara tidak hanya pada aparat keamanan saja, tetapi semua rakyat sesuai dengan profesinya masing-masing. Sedangkan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelayan publik terhadap negara, adalah dengan cara memberikan pelayanan yang baik, dan disiplin. “Menjadi SDM yang unggul, ulet dan tangguh untuk menjadi bangsa yang disegani. Maka dari itu pentingnya memberikan pelajaran atau doktrin sedini mungkin pentingnya menjaga ketahan nasional,” tutupnya.

Sebagai Informasi, latsar dimulai sejak tanggal 10 Juni 2021. Plt Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM MBA yang membuka secara simbolis acara itu. Latsar berlangsung secara bergelombang, sesuai golongan. Untuk golongan III sebanyak 536 orang, dan 108 orang dari golongan II.

(Zak/Bay)

0 Komentar