Pemkab Nganjuk Mulai Uji Coba Aplikasi SiMaya

 

Selasa, 20 April 2021

NGANJUK, PING-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) melalui Direktorat e-Government telah mengembangkan aplikasi perkantoran dengan sebutan Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA) yang dapat digunakan oleh kementrian, lembaga maupun pemerintah daerah. Berdasarkan Tata Naskah Dinas Elektronik yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 06/2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Pemerintah, maka aplikasi ini dikembangkan.

SiMAYA dilakukan pada instansi kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah untuk meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja, serta tertib administrasi.
Versi aplikasi SiMAYA terbaru telah mendukung teknologi cloud computing. Penggunaan cloud memungkinan suatu instansi dengan keterbatasan sumber daya manusia maupun infrastruktur menerapkan SiMAYA di lingkungannya. Dengan menggunakan teknologi ini aplikasi SiMAYA dapat di akses dari mana saja, mudah terintegrasi. Daerah tidak perlu memiliki server, tidak perlu mengelola jaringan serta helpdesk cukup di pusat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Nganjuk kini mulai memberlakukan SiMAYA guna mendukung proses manajemen persuratan untuk memudahkan proses pencarian dan pengarsipan. Untuk penerapan SiMAYA ini perlu pengenalan aplikasi dimaksud dengan uji coba penggunaan secara masif di semua lini Pemkab Nganjuk. 

Sebagai tindak lanjut, Dinas Koninfo Kabupaten Nganjuk mengadakan uji coba aplikasi SiMAYA, Selasa (20/04/2021). Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk Ida Shobihatin, AP, M.Si mengatakan bahwa SiMAYA bukanlah hal baru. Beberapa waktu lalu, Dinas Kominfo trlah memberi informasi tentang SiMAYA kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkab Nganjuk. Namun karena belum berjalan, maka belum efektif dilaksanakan.

Komentar