Satpas Satlantas Polres Nganjuk Beri Bimbingan Gratis Kepada Calon Pemohon SIM

Selasa, 08 November 2022

NGANJUK, PING- Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Satpas Satlantas Kepolisian Resor (Polres) Nganjuk, membuat terobosan dengan memberi bimbingan gratis bagi calon pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM). program pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri untuk membantu mempermudah masyarakat dalam proses pengurusan SIM. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Nganjuk AKBP. Boy Jeckson, Senin (07/11/2022).

Dalam arahannya, AKBP Boy mengatakan dengan melalui bimbingan belajar SIM ini, diharapkan  masyarakat semakin memahami bagaimana tertib dan disiplin dalam berlalu lintas. Sehingga, peluang kelululusan dalam permohonan penerbitan SIM semakin terbuka lebar.

“Kita juga meminta Satlantas Polres Nganjuk untuk meningkatkan literasi atau pengetahuan masyarakat dalam berlalu lintas. Hal ini bertujuan untuk menekan pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan kecelakaan,” tambahnya.

Dijelaskan, dalam proses bimbingan belajar, Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Satlantas Polres Nganjuk menyiapkan buku panduan ujian praktik serta katalog rambu-rambu lalu lintas. Selain itu pihaknya juga menyediakan wadah atau tempat bimbingan belajar presisi kepada para pemohon atau bagi masyarakat yang akan memproses SIM.

“Jadi sebelum mendaftar atau membuat SIM, kita berikan bimbingan belajar itu, baik untuk ujian teori maupun ujian praktik,” tuturnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Nganjuk AKP Dini Annisa Rahmat, menyebutkan bahwa Satlantas Polres Nganjuk juga telah mempersiapkan program khusus untuk masyarakat yang dinamakan program Cermat SIM yaitu Cerdas dan Mahir Uji Teori & Praktek SIM.

Dijelaskan Program Cermat SIM ini sudah berjalan sejak tahun 2018. “Dan sekarang kita mantapkan lagi dengan menambah intensitas dan porsi pelatihannya dengan program bimbingan ini,” imbuh AKP Dini.

Sebagai informasi, pelatihan dilaksanakan di dua tempat per minggu dengan cara bergilir per kecamatan. sementara di lapangan uji praktek SIM Satpas Satlantas Polres Nganjuk pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB.

Komentar