Ini Rahasia Pasar Wage Baru Masuk Tujuh Besar Lomba Pasar Pangan Aman Tingkat Nasional

Selasa, 06 April 2021

NGANJUK, PING-Pasar Wage Baru menjadi finalis Lomba Pasar Pangan Aman tingkat nasional yang diselenggarakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pasar terbesar di Kota Bayu itu dinilai layak untuk mewakili Jawa Timur. Bahkan masuk dalam tujuh nominator tingkat nasional. Di balik kesuksesan tersebut, ada peran besar pengelolanya. Yaitu Pemkab Nganjuk melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Seperti apa kisahnya, berikut rangkuman PING.

 

Pasar menjadi pusat bertemunya penjual dan pembeli. Di pasar, transaksi jual beli berlangsung. Berbagai bahan ada, dan dijual di sana. Bagi pembeli, jika ingin membeli apa saja, rujukannya adalah pasar. “Untuk itu, perlu adanya pengawasan. Agar komoditas yang dijual tidak mengandung bahan berbahaya. Sehingga tercipta keamanan, bagi penjual maupun pembeli sendiri,” kenang mantan Kepala Disperindag Kabupaten Nganjuk, Dra RR Heni Rochtanti, MM kepada PING di sela verifikasi lapangan tingkat nasional lomba, Selasa (06/04/2021).

 

Berangkat dari kewaspadaan itu, Heni menceritakan pihaknya menggandeng berbagai pihak. Apalagi, jelang menghadapi lomba tersebut. Heni bercerita, pihaknya menggandeng perangkat daerah lain. Termasuk, lembaga swadaya masyarakat (LSM), hingga Kader Pangan Aman dengan bimbingan dari BPOM Surabaya. “Untuk itu, kami sampaikan terima kasih kepada BPOM atas bimbingan dan kerjasamanya yang sangat intens ,memberikan yang terbaik untuk Pasar Wage Baru ini mengikuti Lomba Pasar Aman dari bahan berbahaya di tingkat nasional,” serunya.

Komentar