Wujudkan Program Gemarikan, Dinas KPP Tebar Ribuan Benih Ikan Lokal di Embung Tempuran Ngluyu

Kegiatan ini juga untuk menjaga kelestarian serta meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat

Nganjuk, PING- Selaras mewujudkan program gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) terus mendorong kelestarian sumberdaya alam perairan secara berkelanjutan.

Untuk mendukung keberlanjutannya, salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan penebaran kembali (restocking) ikan, khususnya ikan lokal yang saat ini telah mengalami penurunan populasi.

Demikian disampaikan,  Kepala Dinas KPP Kabupaten Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo, kepada PING usai restocking benih ikan tawes di Embung Tempuran, Desa Tempuran, Kecamatan Ngluyu, Jumat (19/05/2023) pagi.

Baca Juga : Jaga Ekosistem Sumber Daya Ikan, Dinas KPP Nganjuk Restocking Benih Ikan Tawes di Perairan Kalimati

Menurutnya, kegiatan restocking benih ikan ini sebagai wujud dari kepedulian pemerintah untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam rangka menjaga kelestarian keberadaan ikan lokal di perairan umum, sehingga keberadaan ekosistemya dapat berkelanjutan.

“Ada 25.000 ekor benih ikan tawes kita lepas di perairan Embung Tempuran Ngluyu ini. Semoga kelestariannya tetap terjaga dan memberikan manfaat untuk masyarakat setempat,“ tandas Yusuf Satrio Wibowo.

Mantan Staf Ahli Bupati Nganjuk itu menjelaskan program restocking ini merupakan salah program pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Nganjuk yang gemar memakan ikan (Gemarikan).

Maka dari itu, Yusuf Satrio Wibowo menghimbau kepada masyarakat agar mengambil ikan secara alami, misalnya mancing. "Jangan sampai menggunakan bom, poltas, maupun setrum, sehingga kandungan gizi dalam ikan bisa dirasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh,“ pungkasnya.

Baca Juga : Pemanfaatan Embung di Desa Oro-Oro Ombo, DKP Jatim dan DKPP Kabupaten Nganjuk Lakukan Restocking

Lebih lanjut Yusuf Satrio Wibowo mengungkapkan, bahwa hal serupa juga pernah dilakukan di Kecamatan Jatikalen. Oleh karena itu, dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

“Semoga dengan dilakukannya pelepasliaran benih ikan ini, ekosistem sumber daya ikan tetap terjaga keberadaanya, lestari berkelanjutan untuk kebutuhan hidup sekarang dan kehidupan anak cucu kita yang akan datang,“ imbuhnya.

Sebagai informasi, selain restocking Dinas KPP juga memberikan bantuan alat berupa jala dan waring kepada pengelola Embung Tempuran, Kecamatan Ngluyu yang diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Perikanan Dinas KPP Nganjuk, Novi Eka Fatmawati.(Hs/Rl)

0 Komentar