Wujudkan Nganjuk Bersinar, BNNK Nganjuk Adakan Sosialisasi Bahaya Narkotika di 61 Sekolah

Keseluruhan dari kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kabupaten Nganjuk Bersinar (Bersih dari Narkoba)

NGANJUK, PING- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk bersinergi dengan Badan Kesbangpol Kabupaten Nganjuk, Selasa (8/11/22) mengadakan kegiatan Penyuluhan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) di kalangan pelajar, bertempat di SMAN 1 Prambon, Kabupaten Nganjuk. 

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Nganjuk AKBP. Bambang Sugiharto, hadir sebagai narasumber. Selain itu, hadir pula Ketua FKDM, Ketua Komnasdik, Anggota JPM Anjuk Ladang dan Ketua Granat Kabupaten Nganjuk. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode paparan materi dan diskusi tanya jawab.

Sebagaimana amanat dari Presiden Jokowi bahwa untuk mempersiapkan masa generasi emas pada tahun 2045 semua pihak harus turut andil dalam program P4GN baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, swasta dan juga masyarakat. 

Dalam kegiatan tersebut Kepala BNN Kabupaten Nganjuk menyampaikan, pelajar harus berhati-hati dalam bergaul, banyak pengaruh yang tidak baik dalam pergaulan yang dapat menjerumuskan kaum muda ke dalam penyalahgunaan Narkoba.

“Sebagai contoh adalah rokok dan juga rokok elektrik yang merupakan gerbang masuk ke dalam penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.

Selain itu, AKBP Bambang Sugiharto mengenalkan jenis – jenis bahan adiktif lainnya yang dapat disalahgunakan dan dapat membahayakan bagi para pelajar diantaranya adalah penyalahgunaan Lem Aibon dan penyalahgunaan obat – obatan yang dikonsumsi melebihi dosis pemakaian.

Dari kegiatan ini para pelajar mendapatkan gambaran nyata mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika dan bahan adiktif lainnya sehingga dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam menangkal terhadap pergaulan yang menjerumuskan mereka ke dalam bahaya narkoba.

“Para siswa diharapkan juga untuk banyak mengakses berbagai informasi digital baik dari media sosial dan juga media elektronik lainnya tentang perkembangan bahaya narkoba yang muncul dari jenis-jenis narkotika baru yang beredar di masyarakat. Keseluruhan dari kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Nganjuk Bersinar (Bersih dari Narkoba),” pungkas Kepala BNNK Nganjuk.

Sosialisasi ini merupakan serangkaian dari Kegiatan Roadshow Sosialisasi P4GN bagi pelajar SMA/SMK/MA di Kabupaten Nganjuk yang dilaksanakan mulai 1-14 November 2022 yang menyasar pelajar dari 61 Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di Kabupaten Nganjuk. Beberapa sekolah diantaranya adalah, SMAN 1 Nganjuk, SMA MUH 1 Nganjuk, SMAN 1 Berbek, SMAN 1 Tanjunganom, SMKN 1 Tanjunganom, SMAN 1 Prambon, SMAN 1 Ngronggot, SMAN 1 Kertosono, SMKN 1 Kertosono dan SMAN 1 Gondang. Jumlah peserta sekitar seribu siswa dan siswi.

Kegiatan Roadshow Sosialisasi P4GN di kalangan Siswa dan Siswi ini merupakan tindak lanjut program kerja dari Tim Terpadu P4GN Kabupaten Nganjuk yang telah diresmikan oleh Plt Bupati Nganjuk dengan SK Bupati Nomor : 188/279/K/411.013/2022 sebagai Implementasi dari Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4Gn dan Perda Kabupaten Nganjuk Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.

 

Sumber : koranmemo

0 Komentar