Wujudkan Angkutan Aman dan Nyaman, Kang Marhaen Beri Pembinaan Penyedia Jasa Angkutan

Pembinaan ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, PING - Sebagai upaya mewujudkan angkutan umum yang aman dan nyaman bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar pembinaan dan pelatihan teknis keselamatan bagi penyedia jasa angkutan umum.

Kali ini, kegiatan yang diikuti oleh 200 penyedia jasa angkutan umum tersebut digelar di Pendopo Kecamatan Lengkong, pada Selasa (23/05/2023) dan dibuka secara langsung oleh Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Dalam sambutannya Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, mengatakan melalui pembinaan dan pelatihan ini ada tiga faktor penting yang perlu diingat para penyedia jasa angkutan umum dalam mengutamakan keselamatannya.

Baca Juga : Balik Mudik Gratis, Kapolres Nganjuk Berangkatkan Tiga Armada Bus

Tiga faktor tersebut adalah melakukan pengecekan kondisi kendaraan (angkutan umum), seperti memeriksa apakah kendaraan dalam kondisi normal atau tidak. Hal sepele tersebut yang perlu menjadi perhatian khususnya para penyedia jasa angkutan umum.

"Karena sebagian besar kondisi kendaraan itulah yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan, Maka perlu diperhatikan lebih serius," kata Kang Marhaen, sapaan akrab Bupati Nganjuk.

Selanjutnya, Kang Marhaen menyebutkan bahwa perlu membangun dan mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkompeten, profesional, cakap, dan terampil, sehingga mampu merespon kebutuhan dalam meningkatkan pelayanan dan keselamatan bertransportasi kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, Kang Marhaen menyebutkan penyebab lain dari terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah kondisi jalan. Untuk itu, pihaknya mengimbau Dishub agar memasang rambu-rambu lalu lintas di titik tertentu yang dianggap rawan.

"Silakan dipasang rambu–rambu lalu lintas sesuai kondisi dilapangan. Jangan menunggu ada kejadian baru direspon dengan pemasangan rambu lalu lintas di jalan," tegasnya.

Baca Juga : Persiapan Arus Balik Lebaran, Lakukan Beberapa Tips Ini

Lebih lanjut, Kang Marhaen berharap dengan adanya pembinaan dan pelatihan ini para pengemudi angkutan umum bisa lebih tertib dalam mewujudkan keselamatan berlalu lintas di jalan.

"Kami optimis apabila semuanya mematuhi rambu lalu lintas dan peraturan yang ada maka keselamatan di jalan raya bisa diberikan," imbuh Kang Marhaen.

Sementara itu Kepala Dishub Nganjuk, Tri Wahju Kuntjoro, menambahkan kegiatan pembinaan kepada para penyedia jasa angkutan umum tersebut dilaksanakan sebagai evaluasi dalam memberikan wawasan terkait para penyedia angkutan umum.

Hal itu dimaksudkan agar mereka tertib berlalu lintas, evaluasi sarana dan prasarana diperlukan untuk menurunkan angka kecelakaan yang terjadi di Nganjuk.

"Untuk itu, semoga dengan pembinaan ini bisa menumbuhkan kesadaran bagi para penyedia jasa angkutan umum akan pentingnya masalah keselamatan lalu lintas. Sehingga angka kecelakaan di Nganjuk menurun, " tambuhnya. (Hs/Ys. Dok.: humasnganjukkab)

Baca Juga : Optimalkan Deteksi Pelanggaran Perda, Satpol PP Nganjuk Gandeng Diskominfo Pasang Kamera CCTV

0 Komentar