Waspada HOAKS Link Tautan Pendaftaran BLT Ramadan 2023

Pastikan informasi bersumber dari akun resmi Kemensos RI

Jakarta, PING- Beredar pesan WhatsApp yang berisi link pencairan bantuan langsung tunai atau BLT Ramadhan 2023. Pesan tersebut merupakan pesan hoaks atau tidak benar yang dikirimkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pesan yang beredar tersebut berisi pihak penerima harus meng-klik link untuk mengisi formulir pendaftaran. Faktanya hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia mengenai tanggal pencairan BLT.

Kemensos memang akan mengadakan bantuan BLT Ramadan 2023, tetapi nantinya akan secara resmi diberikan kepada data yang sudah dipegang oleh Kemensos. Pesan yang beredar tersebut memang meresahkan bagi penerimanya.

Dikutip dari laman Instagram resmi Kementerian Sosial (Kemensos) @kemensosri, berikut isi pesan yang beredar dan pemberitahuan bahwasannya itu merupakan pesan hoaks atau tidak benar adanya.

“Kementerian Sosial tidak pernah membuat situs ataupun tautan untuk pendaftaran pencairan bantuan sosial. Karena Kemensos selalu menggunakan informasi atau data yang sudah terverifikasi oleh pemerintah”.

Untuk itu Kemensos memberikan himbauan agar masyarakat bisa menghindari penyalahgunaan informasi yang mengatasnamakan Kemensos. Dapat disimpulkan bahwasannya pesan itu merupakan pesan hoaks atau tidak benar adanya.

Sehingga apabila mendapatkan pesan yang serupa, mohon diabaikan pesan hoaks tersebut. Penerima bantuan sosial sudah terverifikasi dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan oleh masing-masing pemerintah daerah.

Masyarakat diharapkan mampu dengan bijak menanggapi apabila ada pesan hoaks yang beredar. Pastikan terlebih dahulu sumber dari pesan tersebut apakah resmi atau tidak. Masyarakat dengan mudah melihat contohnya dengan melihat domainnya.

Jika portal link yang diberikan menggunakan domain go.id yang merupakan portal resmi dari pemerintah. Selain itu, masyarakat juga bisa bertanya atau menghubungi Kementerian Sosial melalui laman media sosial resminya.

0 Komentar