Warga Terdampak Longsor Selopuro Ngetos Resmi Tempati Rumah Baru

Kang Marhaen: Jaga dengan baik semoga berkah untuk masyarakat terdampak

Nganjuk, PING- Warga terdampak longsor Selopuro, Kecamatan Ngetos kini bisa tersenyum lebar. Pasalnya, rumah relokasi yang diimpikan warga diresmikan langsung oleh Plt. Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, disaksikan pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan bersama Kepala OPD terkait dan Camat Ngetos.

Peresmian ditandai dengan menyalakan lampu, penandatanagan prasasti serta penyerahan kunci rumah secara simbolis oleh Plt. Bupati Nganjuk kepada 48 Kepala Keluarga (KK) warga terdampak longsor Selopuro.

Baca Juga : Sekda Nur Solekan Pastikan 48 Unit Rumah Siap dihuni Warga Terdampak Longsor Selopuro

“Alhamdulillah, saat ini rumah relokasi siap dihuni. Kami serahkan kunci rumahnya hari ini,“ kata Kang Marhaen sapaan akrab Plt. Bupati Nganjuk, saat peresmian dilokasi, pada Senin (20/03/2023) malam.

Dijelaskan Kang Marhaen, bahwa pembangunan 48 rumah relokasi ini merupakan hasil upaya pemerintah daerah bersama BNBP untuk warga Selopuro. Selain itu, juga hasil upaya bersama paguyuban pengembang di Kabupaten Nganjuk.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait atas sumbangsihnya. Sehingga 48 rumah warga Selopuro terbangun dan bisa mereka tempati. Hasil gotong royong ini, memberikan senyum lebar warga Selopuro,“ tandasnya.

Diakui Kang Marhaen, peresmian ini memang ditargetkan pihaknya tiga hari sebelum bulan Ramadhan. “Setelah dua tahun menunggu dan melewati beberapa tahapan. Alhamdulillah, hari ini warga terdampak longsor Selopuro bisa menempati rumahnya. Terlihat dari raut wajahnya, mereka bisa bernafas lega,“ ujar Kang Marhaen.

Lebih lanjut Kang Marhaen berharap dengan peresmian ini. Warga Selopuro bisa bersama-sama menjaga hunian baru tersebut, termasuk juga menjaga kerukunan antar tetangga.“ Sehingga mulai bulan puasa warga Selopuro juga bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk. Maka, kita awali kegiatan hari ini dengan Sholawatan, agar berkah untuk masyarakat terdampak serta dijauhkan dari bencana,“ imbuhnya.

Sementara itu, Semi, salah satu warga terdampak sekaligus Kepala Dusun Selopuro menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Pemerintah daerah yang telah berupaya memfasilitasi mereka untuk membangun rumah relokasi ini.

Baca Juga : Dinas PRKPP Nganjuk Bangun Fasilitas Ruang Publik Terpadu Ramah Anak

“Saya mewakili warga terdampak longsor Selopuro menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Nganjuk. Setelah dua tahun menanti, akhirnya rumah relokasi ini bisa diwujudkan. Semoga ini menjadi ladang berkah untuk pemerintah daerah,“ pungkasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 48 unit rumah dibangun di lahan lebih dari 2 hektare. Tepatnya berada di utara Mapolsek Ngetos. luas bangunan rumah tersebut memiliki ukuran 6×6 meter. Di dalamnya, terdapat dua kamar tidur berukuran masing-masing 3×3 meter. Lalu, ruang keluarga sekitar 3×6 meter. Sisanya, dibuat menjadi kamar mandi. (Hs/Ys)

0 Komentar