Upaya Wujudkan Nganjuk BISA, Pemkab Gelar Grand Final Duta Lingkungan Hidup 2023

Diikuti oleh 10 Duta Laki-laki dan 10 Duta Perempuan dari seluruh wilayah di Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, PING- Pemkab Nganjuk selalu berupaya mewujudkan Nganjuk BISA (Bersih Indah Sehat dan Asri) dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap sehat dan lestari. Guna mendukung upaya tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (LH) menggelar Grand Final Duta Lingkungan Hidup 2023 yang dibuka langsung oleh Pj. Bupati Nganjuk di Pendopo KRT Sosro Koesoemo pada Minggu (26/11/2023), yang diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 10 Laki-laki dan 10 perempuan.

Dalam sambutan dan arahannya, Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi atas terlaksananya pemilihan Duta Lingkungan Hidup Tahun 2023. "Kita tahu betul bahwa Lingkungan Hidup, sangat mensupport kondisi, perkembangan, bahkan mendukung pembangunan masyarakat kita. Maka, kita harapkan seluruh perserta lomba baik yang menjadi juara ataupun tidak, semuanya bisa menjadi agent of change atau memiliki peran untuk membangun perubahan dan pandangan masyarakat sekitar untuk mengelola lingkungan hidup dengan lebih baik," tegas pria berambut putih tersebut.

Pj. Bupati juga menyampaikan ada 7 variabel fungsi lingkungan hidup yang harus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat bukan hanya Dinas Lingkungan Hidup dan peserta lomba saja. Tujuh fungsi tersebut adalah Kebijaksanaan Penataan, Pemanfaatan, Pengembangan, Pemeliharaan, Pemulihan, Pengawasan, dan Pengendalian Lingkungan Hidup.

"Serta ada pula tujuan pemanfaatan lingkungan hidup, pertama tercapainya keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidup. Kedua, terwujudnya manusia sebagai makhluk hidup yang memiliki sikap dan perilaku melindungi dan membina lingkungan hidup. Terakhir, terjaminnya generasi masa kini dan generasi masa depan," tambahnya.

Lebih lanjut, Handoko menyampaikan bahwa saat ini sudah memasuki industri 4.0 dimana penggunaan digitalisasi sudah sangat masif di masyarakat. Tentu, seluruh peserta diharapkan nantinya bisa memanfaatkan betul teknologi dan jaringan yang ada saat ini untuk menjadi sarana sosialisasi, literasi, dan pembelajaran kepada masyarakat sekitar tentang lingkungan hidup.

"Kami percaya Nganjuk mampu untuk melakukannya, namun masih banyak tantangan karena keterbatasan masyarakat tentang pandangan maupun literasi mengenai lingkungan hidup. Semoga event seperti ini bisa terus bergulir dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar," pungkasnya.

Dalam perlombaan tersebut setiap peserta lomba diwajibkan mengikuti babak Question and Answer, setiap peserta diberikan pertanyaan secara acak menggunakan fish ball, kemudian peserta harus memberikan jawaban terbaiknya dalam waktu maksimal 2 menit, kemudian peserta dengan jawaban terbaik akan mendapatkan nilai tertinggi dari juri. Grand Final Pemilihan Duta Lingkungan 2023 tersebut mendatangkan dewan juri yang kompeten di bidangnya, yakni Endah Sri Murtini, S.H. dari Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Nganjuk, kemudian Dra. Iit Herliyana, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Nganjuk, terakhir Titin Ratnaningsih, SST, MPH, dari STIKES Satria Bhakti Husada.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk, Subani, menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan motivasi masyarakat tentang lingkungan hidup. "Serta diharapkan anak-anak kita nanti (Duta Lingkungan Hidup) bisa menjadi motivator dan inovator di desa masing-masing. Bisa bergabung dengan perwakilan desa dan mampu membentuk Bank Sampah Unit (BSU) maupun Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)," ucapnya.

Hal tersebut bukannya tanpa alasan, Subani menambahkan bahwa saat ini banyak masyarakat Nganjuk yang masih membuang sampah sembarangan baik di pinggir jalan maupun sungai, walaupun sudah disediakan kontainer sampah ataupun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sebagai informasi, dari perlombaan tersebut terpilih 5 pasang Duta Lingkungan Hidup 2023, sebagaimana di bawah ini :

Juara I

  • Putra : Akbar Wahyu Illahi - Rejoso (254)
  • Putri  : Miftahul Khasanah - Nganjuk (273)

Juara II

  • Putra : Fahmi Amrillah - Pace (253)
  • Putri  : Shinta Amelia Putri - Nganjuk (268)

Juara III

  • Putra : Mohammad Yazid Mawardi - Jatikalen (250)
  • Putri  : Dini Nur Dianti - Nganjuk (266)

Juara Harapan I

  • Putra : Ricky Andika - Ngetos (242) 
  • Putri  : Diajeng Aulia Rahma Putri - Sukomoro (263)

Juara Harapan II

  • Putra : Adilfi Riyanda Juang - Patianrowo (241) 
  • Putri  : Sinta Tikta Ika Yuga - Baron (262)

(Hn/Af)

0 Komentar