Tuntaskan Adminduk, Pemkab Nganjuk Bentuk Tim Pemutakhiran Data Penduduk

Gerakan tuntaskan administrasi kependudukan warga Nganjuk

Nganjuk, PING- Tuntaskan Administrasi Kependudukan (Adminduk) warga Nganjuk, Pemkab Nganjuk bentuk Tim Pemutakhiran Data Kependudukan Berbasis Desa dan Kelurahan yang diketuai oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki.

Tim Pemutakhiran Data ini akan betugas untuk melaksanakan sosialisasi kegiatan pemutakhiran data kepada masyarakat, melaksanakan penjaringan/pendataan warga yang belum memiliki dokumen kependudukan, dan mengajukan permohonan dokumen kependudukan melalui aplikasi SEDUDO Dukcapil Nganjuk.

Baca Juga: Maksimalkan GERTAK TUNDUK, Pj. Bupati Nganjuk Sinergikan Stakeholder Terkait

Demikian disampaikan oleh Ketua Tim Pemutakhiran Data Daerah Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki, saat membuka kegiatan launching Gerakan Serentak Tuntaskan Administrasi Kependudukan (Gertak Tunduk), Senin (20/11/2023) di Ruang Command Center Pemkab Nganjuk. Diikuti oleh Dinas yang terkait, Camat, dan Kades/Lurah se-Kabupaten Nganjuk.

Gertak Tunduk, dicananhkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna. “Dengan ini proses Gertak Tunduk tahun 2023 bisa dicanangkan dan bisa dilaksanakan untuk perbaikan Kabupaten Nganjuk yang lebih baik,” tukasnya, menyebut gerakan ini untuk mewujudkan data mutakhir dan terbarukan atau update. 

“Dimulai dari tanggal 20 November sampai 20 Desember 2023,” tambah Sri Handoko.

Susunan Tim Pemutakhiran Data Berbasis Desa/Kelurahan Daerah 

Slamet Basuki, Ketua Tim Pelaksana, membeberkan susunan kepengurusan Tim Pemutakhiran Data yang ditetapkan oleh Bupati Nganjuk. Susunan pertama, bertindak sebagai pengarah adalah Pj. Bupati Nganjuk. Dan selanjutnya, penanggungjawab program, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Nganjuk, Nur Solekan.

Baca Juga: Aplikasi SEPAKAT BAPPENAS Sebagai Diagnosa Program Kegiatan

“Ketua Tim; Kepala Dinas Kominfo Nganjuk, Wakil Ketua I Bidang Koordinator Peningkatan SDM; Asisten Adminitrasi Umum, Itsna Shofiyani, Wakil Ketua II Bidang Pendataan; Kepala Dinas PMD Nganjuk, Puguh Harnoto, Wakil Ketua III, Bidang Pelayanan Adminduk; Kepala Dinas Dukcapil Nganjuk, Gatut Sugiarto, Wakil Ketua IV, Bidang Pengelolaan, Pemanfaatan Data Hasil Pemutkhiran Data; Kepala BAPPEDA Nganjuk, Fajar Judiono, Wakil Ketua V, Bidang Sistem Informasi; Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Judi Ernanto, Wakil Ketua VI, Bidang Informasi Edukasi, Publikasi dan Sosialisasi Masif; Asisten Pemerintahan dan Kesra, Samsul Huda,” bebernya.

Komplit dari hulu sampai hilir akan bergerak, dari tingkat kabupaten sampai dengan tingkat kecamatan dan desa, ungkap Slambas, pun dengan dibantu unsur lainnya dari kader desa/kelurahan, kader KB, Posyandu, PKK dibawah koordinator desa.

“Menjaring warga yang belum punya adminduk, di Kios Cemerlang Desa/Kelurahan. Menjaring, mendata dan melayani warga belum punya akte kematian, akte lahir, perubahan elemen data, hingga warga pindah datang atau pindah keluar akan dijaring oleh desa/kelurahan dengan petugas pemuktakiran data,” pungkas Slambas sapaan akrab Ketua Tim Pemutakhir Data.

Sebagai informasi, untuk kelengkapan informasi mengenai program Gertak Tunduk, masyarakat dapat mengakses link berikut: https://linktr.ee/gertaktunduk.

Baca Juga: Bangga, Pj. Bupati Nganjuk Buka Pelatihan Aplikasi SEPAKAT BAPPENAS

0 Komentar