Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Kecamatan Gondang Gelar Pembinaan PATEN

Pembinaan tersebut diikuti oleh sekretaris desa, kasi pelayanan, dan operator

Nganjuk, PING- Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kecamatan Gondang menggelar 'Sosialisasi Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN)'. Acara tersebut berlangsung di Pendopo Kecamatan Gondang, Selasa (10/10/2023).

Turut menghadiri acara diantaranya Camat Gondang, narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dukcapil), narasumber dari Dinas Kominfo, sekretaris desa, kasi pelayanan, dan operator dari 17 desa. 

Camat Gondang, Bayu Istas Sasongko, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Ini merupakan salah satu kegiatan kami, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya administrasi kependudukan," tuturnya.

Baca Juga : Tingkatkan Pelayanan Prima untuk Masyarakat, Pj. Bupati Evaluasi Layanan Nganjuk Smart City

Dia juga mengatakan, membangun bukan hanya pada fisik, tapi juga non fisik yakni membangun SDM. Ada kepedulian dari masyarakat terkait administrasi kependudukan supaya memudahkan dalam melayani masyarakat.

"Jangan sampai administrasi kependudukan nanti bermasalah karena ada beberapa kejadian yang NIK-nya tidak sama sehingga BPJS Kesehatannya tidak dapat diurus," ungkapnya.

Saat ini, juga sudah ada aplikasi IKD (Identitas Kependudukan Digital), yang bisa dimanfaatkan. Bayu berharap dengan adanya kegiatan tersebut, nantinya dapat disosialisasikan kembali kepada perangkat desa dan juga masyarakat mengenai adanya PATEN.

"Karena ini merupakan target kinerja kami. Pertama, ada pelayanan masyarakat, indikatornya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang kami laporkan per 4 bulan sekali. Kedua, koordinasi pemerintahan. Ketiga, tata kelola pemerintahan desa yang baik. Monggo Bapak/Ibu diikuti dengan baik kegiatan ini supaya maksimal dalam melayani masyarakat," pungkasnya.

Kapala Bidang Aptika Dinas Kominfo Nganjuk, Azfandi, dalam paparannya mengatakan kegiatan ini sesuai dengan misi Kepala Dinas Kominfo Nganjuk, bagaimana dengan teknologi masyarakat bisa dipermudah, dipercepat dan dibahagiakan.

"Artinya pelayanan-pelayanan yang berbasis teknologi dapat membahagiakan masyarakat Kabupaten Nganjuk," ujarnya.

Baca Juga : Pelayanan Adminduk di Puskesmas dan RSD, Masyarakat Dapat 3 Dokumen

Fafan, sapaan akrabnya, memperkenalkan aplikasi Nganjuk Smart City yakni aplikasi mobile terintegrasi yang menyatukan berbagai layanan. Diantaranya ada Adminduk Cemerlang, e-Suket, Mergawe, Si Pentol, dan lain sebagainya.

"Kami terus membuka kritik/saran dari pengguna aplikasi NSC untuk kita perbaiki supaya lebih baik lagi. Sekarang eranya bukan anti kritik tapi dengan kritik tersebut bisa menjadikan sutau hal lebih baik," ujarnya.

Selain itu, ada juga update berita terkini Pemkab Nganjuk dan media swasta lainnya. Kelebihannya ada fitur mirip Google. "Fungsinya sama seperti Google, bisa untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Contohnya info tentang kuliner, wisata dan sebagainya. Monggo Bapak/Ibu silakan menginstall aplikasi NSC, banyak manfaat banyak kemudahan di sana," tandasnya.

Sementara itu, Didik, selaku narasumber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, menjelaskan  administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lainnya.

"Urusan adminduk bukan pelayanan dasar tapi menjadi dasar dalam pelayanan. Data kependudukan harus selalu di-update/diperbarui jika ada perubahan di dalamnya," jelasnya.

Baca Juga : Demi Kenyamanan Warga, Kecamatan Gondang Siap Tingkatkan Pelayanan Publik

Tujuannya untuk memberikan identitas penduduk, memberikan kepastian hukum, menyediakan satu data kependudukan, dan integrasi serta koneksi data K/L dan swasta. Jenis pelayanannya ada penerbitan KTP-EL, KK, Akta Kelahiran/Akta Kematian/Akta Perkawinan, KIA, SKPWNI.

"Saat ini untuk mengurus semua itu dapat melalui online yakni melalui aplikasi sedudo yang telah terintegrasi oleh desa/kelurahan dan kecamatan. Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat semakin mudah dan cepat," tutupnya. (Yos/Cs)

0 Komentar