Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Bupati Nganjuk Serahkan 20 Mobil Siaga ke Rejoso

Guna meratakan pelayanan pada masyarakat Nganjuk, terutama yang daerah jauh dan terpencil.

Nganjuk, PING– Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggelar Pembinaan SAPA MAMA yang merupakan akronim dari Sekolah Perempuan, Anak, dan Masyarakat Marginal di Desa Rejoso, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Selasa (30/5/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Yuni Marhaen, Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk, Nafhan Tohawi, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Puguh Harnoto, Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk, Camat Rejoso, Johansyah, Forkopimcam Kecamatan Rejoso, Kader PKK dan undangan lainnya.

Saat membuka acara, Bupati Nganjuk mengatakan Program SAPA MAMA merupakan salah satu program yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk dalam rangka memajukan kaum perempuan, anak, dan masyarakat marginal. Terutama untuk ikut berperan dalam pembangunan. Baik di lingkungan tempat tinggalnya, maupun tingkatan yang lebih luas.
“Perempuan, anak-anak, serta masyarakat marginal kita beri edukasi, agar lebih produktif, kita juga ajak bersama-sama masyarakat agar dapat memberdayakan perempuan. Semua kita ajak termasuk pelaku-pelaku bisnis,” terang Kang Marhaen sapaan akrabnya.

“Jadi di sini goalnya adalah bagaimana menjadi keluarga yang bahagia yaitu dimulai dari rumah, salah satunya bisa dimulai dengan senyum saat bertemu dengan siapapun karena dengan senyum dapat membangun energi yang positif,” tambahnya. 

Untuk diketahui, dalam acara yang sama Kang Marhaen menyerahkan 20 unit mobil desa siaga kepada Pemerintah Desa se Kecamatan Rejoso. 
Kang Marhaen menyampaikan pemberian bantuan mobil desa siaga ini bertujuan untuk membantu pelayanan kepada warga agar semakin baik. Terutama dalam mengakses layanan kesehatan, mobil siaga bisa digunakan untuk mengantar ke rumah sakit

“Harapannya agar masyarakat terlayani, mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terutama yang di daerah jauh, terpencil, atau sejenisnya, jadi kalau ada yang sakit bisa segera dibawa ke rumah sakit,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk, Nafhan Tohawi, menyampaikan bahwa penyerahan mobil siaga desa ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam menunjang program-program desa. 

“Dari Dinas Sosial dalam memberikan bantuan perlu ada verifikasi dan validasi data untuk program SAPA MAMA ini. Tentunya semua peran serta masyarakat juga ikut terlibat,” pungkasnya. (Kur/Cs. Dok : Humas Nganjuk)

0 Komentar