Tingkatkan Mutu dan Kualitas Layanan, RSD Kertosono Lakukan Penilaian Standar Pelayanan Rumah Sakit

Siap mengikuti akreditasi Rumah Sakit pada Maret 2023

Nganjuk, PING – Rumah Sakit Daerah (RSD) Kertosono Kabupaten Nganjuk berkomitmen meningkatkan mutu dan kualitas layanan kesehatan masyarakat. Ikhtiar tersebut direalisasikan dengan menggandeng Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), menyelenggarakan bimbingan akreditasi rumah sakit dengan tujuan agar akreditasi rumah sakit sesuai dengan versi standar Kementerian Kesehatan.

Acara yang diselenggarakan di Ruang Rapat Sakura Hall RSD Kertosono tersebut dibuka pada Senin (6/2/2022) dan dilaksanakan hingga Jum’at (10/2/2022). Hadir membuka acara Plt Direktur RSD Kertosono dr. Hendriyanto  didampingi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Kegiatan juga dihadiri seluruh anggota Kelompok Kerja (Pokja) Akreditasi, Pejabat Struktural, Kepala Instalasi dan Dokter Spesialis RSD Kertosono. 

Dalam sambutannya, Plt Direktur RSD Kertosono dr. Hendriyanto menyampaikan kegiatan bimbingan akreditasi tersebut dilaksanakan dengan menggunakan metode bimbingan, review, observasi dan tracer serta diskusi atau coaching.

“Dengan mengikuti bimbingan akreditasi standar akreditasi rumah sakit Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) versi Standar Kementerian Kesehatan. Harapannya RSD Kertosono dapat memperoleh predikat Akreditasi Paripurna,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk tersebut.

Selain itu dr. Hendriyanto juga menyebutkan bahwa pelaksanaan survey akreditasi Rumah Sakit akan dilaksanakan pada bulan Maret 2023. Untuk itu, menjelang pelaksanaan survei tersebut RSD Kertosono menyelenggarakan bimbingan atau pendampingan langsung dari KARS.

“Melalui bimbingan ini diharapkan peran serta aktif dari seluruh anggota tim Akreditasi untuk mengikuti bimbingan. Dan menyampaikan apa yang sudah dicapai, serta apa saja yang perlu dilakukan dalam penyesuaian yang dibutuhkan,” tuturnya.

Sebagai informasi, akreditasi rumah sakit pada hakikatnya diperlukan tidak hanya untuk kepentingan rumah sakit itu sendiri. Namun juga untuk kepentingan masyarakat sebagai pengguna layanan rumah sakit. “Adanya akreditasi dapat mendorong RSD Kertosono untuk berbenah dan selalu menyediakan layanan sesuai standar akreditasi,” tambah dr. Hendriyanto.

“Dengan berkomitmen menyukseskan akreditasi yang akan dilaksanakan tahun ini, maka RSD Kertosono juga berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

0 Komentar