Tingkatkan Kemampuan Publikasi, Diskominfo Bekali KIM se-Kabupaten Nganjuk Skill Konten dan Jurnalis

Diikuti Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, PING – Pemkab Nganjuk melalui Diskominfo menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Konten Publikasi dan Jurnalistik bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Jum’at (17/11/2023) di Ruang Rapat Anjuk Ladang. Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan publikasi seluruh KIM yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Hadir membuka acara sekaligus mewakili Kepala Diskominfo Kab. Nganjuk, Sekretaris Diskominfo Sujono didampingi Kabid Statistik & PIKP bersama jajarannya. Hadir sebagai narasumber Ellya Destiara Permata, jurnalis dari thejavapost.id

Dalam sambutannya kepada 93 anggota KIM yang hadir, Sekretaris Diskominfo Kab. Nganjuk, Sujono menyampaikan pentingnya mempublikasi kegiatan, inovasi dan prestasi Pemerintahan. “Untuk menumbuhkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat kepada Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah,” tuturnya sembari menyebut total KIM yang di Kabupaten Nganjuk sebanyak 104 kelompok.

Sujono juga menyebutkan bahwa KIM merupakan unsur yang ada di masyarakat dan berperan dalam mendukung publikasi di desa/ kelurahan.

“Kami melibatkan KIM karena Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam mempublikasikan kegiatan pembangunannya. Mulai dari proses penganggaran, pelaksanaan pekerjaan, hingga pengawasan. Paling tidak masyarakat tahu, apa yang dilaksanakan oleh Pemerintah,” bebernya.

“Selain itu kita juga memiliki tugas untuk mengkonter berita-berita yang tidak benar atau hoax, terutama banyak yang ada di media sosial. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, dapat membangun Nganjuk lebih baik lagi,” imbuhnya. 

 

Untuk diketahui, KIM merupakan kelompok masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Anggota KIM tidak dibatasi usia, latar belakang pendidikan dan profesi. Mereka berkumpul dan berusaha memecahkan solusi dengan mengedepankan pendekatan informasi dan komunikasi.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kabid Statistik & PIKP Diskominfo Nganjuk, Hari Purwanto mengenai KIM dan jurnalis thejavapost.id mengenai Pembuatan Konten Publikasi dan Jurnalistik.

(AL/ZK)

0 Komentar