Tekan Inflasi, Tim TPID Kabupaten Nganjuk Adakan Operasi Pasar Murah

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengawasi dan memastikan stok beras Kota Angin tercukupi

Nganjuk, PING- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Nganjuk rutin menggelar operasi pasar murah melalui SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) untuk mengendalikan laju inflasi, salah satunya dilaksanakan di Pasar Berbek, Rabu (04/10/2023) kemarin.

Dalam keterangannya Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan, sekaligus Ketua TPID Kabupaten Nganjuk mengatakan bahwa giat operasi pasar di Berbek bersama Tim TPID Kabupaten Nganjuk ini dalam rangka stabilisasi harga pangan di wilayah Kota Angin.

"Seperti halnya tadi pagi kita juga laksanakan penyaluran bantuan pangan bersama Tim Satgas Pangan Nganjuk," tandasnya.

Penyaluran bantuan pangan tersebut, juga sebagai upaya pemerintah dalam menstabilkan harga beras yang ada di pasaran. "Karena perlu diketahui, beberapa saat ini lahan pertanian di Nganjuk belum siap panen dan kita masih menunggu kurang lebih tiga minggu kedepan," ungkapnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Nur Solekan menginstruksikan agar menggelar rapat koordinasi bersama Tim TPID Nganjuk untuk membuat schedule terkait pelaksanaan panen padi dan hasilnya akan disampaikan kepada Bulog dan Statistik supaya memiliki pemahaman yang sama. Artinya, frame oriented-nya harus sama, yakni menanggulangi inflasi daerah.

"Kalau data yang diperoleh tidak sama akan menimbulkan persepsi harga masih tinggi dan beras langka. Sedangkan stok beras di Nganjuk masih tercukupi, bahkan stok yang ada di Kabupaten Nganjuk ini bisa untuk stok nasional ataupun di regional Jawa Timur," imbuhnya.

Oleh karena itu, atas keberlangsungan operasi pasar dan penyaluran bantuan pangan tersebut Nur Solekan berharap, stabilisasi harga beras terjaga dengan baik sehingga masyarakat tidak perlu risau "Semua sudah ada upaya penanganan dari Pemkab Nganjuk, semoga kita tetap terjaga di bawah inflasi nasional," tutupnya.

Sebagai informasi, giat operasi pasar tersebut diikuti oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Nganjuk, Judi Ernanto, bersama Kepala Disperindag Kabupaten Nganjuk dan jajarannya. (Hs/Ys)

0 Komentar