Tandatangani NPHD bersama KPU dan Bawaslu, Pj Bupati Berharap Pemilu 2024 di Nganjuk Berjalan Lancar

Melalui Silaturahmi, Koordinasi dan Sinkronisasi yang kuat antar Steakhokder

Nganjuk, PING– Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bantuan keuangan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 bersama Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Ketua Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nganjuk. 

Dalam acara silaturahmi dan pemantapan wawasan kebangsaan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Bagor, pada Kamis (09/11/2023), prosesi penandatanganan ini turut disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Nganjuk, Kepala Bakesbangpol Nganjuk dan jajaran Forkopimcam Bagor. 

Baca Juga : Ukur Kinerja Perangkat Daerah, Pemkab Nganjuk Launching Aplikasi DUBB

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, mengatakan, kegiatan penandatanganan NPHD tersebut merupakan rangkaian kesiapan dalam menghadapi pemilu tahun 2024.

"Memang ini adalah rangkaian kesiapan pemilu yang harus kita laksanakan dari pemda untuk menyiapkan dukungan dan fasilitas termasuk anggaran. Ini juga sesuai dari surat Mendagri NPHD yang kita tandantangani yaitu berjumlah 40 persen. Mulai akhir dan awal tahun ini yang sudah berjalan. Dan nanti di tahun depan kita lakukan lagi sebesar 60 persen," ujarnya.

Baca Juga : Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk Hadiri Pengarahan Presiden Jokowi

Menurutnya, hal tersebut diperkuat dengan adanya Keputusan Bupati Nomor 188/378/K/411.013/2023 tentang penetapan besaran hibah berupa uang pendanaan kegiatan bupati dan wakil bupati tahun 2024." Adapun alokasi anggaran untuk KPU sebesar 48,4 Milyar rupiah, Bawaslu 18,1 Milyar rupiah, Polres ada 3 Milyar rupiah, Kodim 1,25 Milyar rupiah. Jadi total sebesar 68,7 Milyar rupiah," tandasnya. 

Dijelaskan Sri Handoko, bahwa giat ini merupakan tindak lanjut penugasan dari pemerintah pusat untuk pemerintah kabupaten/kota. "Kami bersyukur Kabupaten Nganjuk luar biasa responnya cepat dan sudah siap. Setelah ditetapkan akan ditindaklanjuti dengan proses keuangannya selama 14 hari kerja. Itu juga sudah disuratkan sehingga kita juga bekerja keras biar KPU sama Bawaslu cepat bergerak," tegasnya. 

Untuk itu, Sri Handoko berharap dengan adanya silaturahmi, koordinasi dan sinkronisasi antar steakhokder ini. Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Nganjuk nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

Baca Juga : Pj. Bupati Nganjuk Ajak Lembaga Desa se-Kecamatan Ngetos Silaturahmi Bersama

"Kami percaya Kabupaten Nganjuk siap untuk menghadapi pesta demokrasi 2024 dan kami juga percaya aparat penyelenggaranya, seperti KPU, Bawaslu dan seluruh stakeholder siap untuk mensukseskan pesta demokrasi 2024. Yang terakhir, kami juga mengingatkan agar aparatur sipil negara tetap menjaga netralitas ASN di Pemilu 2024," pungkasnya. 

Adapun, giat dilanjut dengan paparan dari Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk dengan materi wawasan kebangsaan, yang diikuti oleh Kades, Ketua TP PKK, tokoh masyarakat dan LPM se Kecamatan Bagor sebagai pondasi menghadapi pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang. (Hs/Yos) 

0 Komentar