Tampil Maksimal, Nganjuk Sukses Sajikan Menu Keluarga dari Olahan Ikan Bandeng

Dalam Lomba Memasak Ikan Peringatan Harkannas ke - 10

Jakarta, PING- Sebagai perwakilan Provinsi Jawa Timur di ajang lomba masak ikan tingkat nasional peringatan hari ikan nasional (Harkannas) Tahun 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP), Bidang Perikanan sukses sajikan olah ikan bandeng menjadi menu keluarga, yang dikemas menjadi 'Gabalodang' (gado bandeng gulong sambel podang). 

Hal ini pun lantas, dijadikan momentum Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna saat menghadiri Harkannas ke-10 ini untuk mengajak masyarakat Nganjuk menciptakan keanekaragaman masakan yang berbahan dari olahan ikan. 

"Hal ini sangat penting, karena memiliki manfaat dalam pemenuhan gizi tubuh. Untuk itu, kami hadir bersama di Harkannas ini untuk mengkampanyekan agar masyarakat kabupaten nganjuk gemar memakan ikan," tandasnya. 

Tak hanya itu, Sri Handoko juga memaparkan keberlangsungan lomba masak ikan Provinsi Jatim yang diwakili Kabupaten Nganjuk. Menurutnya, sekilas melihat tampilan dan sajian hasil olahannya. Sri Handoko optimis Nganjuk bisa menjadi perwakilan terbaik Jatim diajang tersebut. 

"Kami optimis dan itu menjadi prinsip kami, sehingga diharapkan hasilnya juga maksimal dan bisa menjadi yang terbaik," ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan menambahkan sebagai perwakilan Jatim diajang lomba masak ikan tingkat nasional. Pihaknya, akan mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Nganjuk lebih konsumtif makan olahan dari ikan. 

"Karena ikan memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Oleh karena itu, masyarakat harus tau manfaat dari gemarikan itu sendiri," pungkasnya. 

Sebagai informasi, usai menyaksikan lomba masak ikan. Pj. Bupati Nganjuk bersama Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kepala Dinas KPP Kabupaten Nganjuk bergeser meninjau stand expo produk perikanan Provinsi Jawa Timur. 

Adapun, dalam lomba masak ikan ada tiga menu. Dimana untuk menu keluarga di wakili Kabupaten Nganjuk, kemudian menu kudapan di wakili Kota Blitar dan menu balita diwakili oleh Kabupaten Jombang. (Hs/Af) 

0 Komentar