Sukses Ciptakan Sekolah Inovatif, Sekda Nur Solekan Dorong Insan Pendidikan Nganjuk Raih Adiwiyata

Melalui Program yang Terintegrasi dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya Saing

Nganjuk, PING- Wujudkan mutu pendidikan dan peningkatkan potensi anak didik, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) menggelar 'Sosialisasi Inovasi Pendidikan’ dalam rangka Mewujudkan Pemerataan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Nganjuk serta Penerimaan Apresiasi bagi Sekolah Inovatif Tahun 2023.

Berlangsung di Ruang Rapat Anjuk Ladang, pada Rabu (15/11/2023). Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan bersama Kepala Dispendik Kabupaten Nganjuk, Sopingi.

Dalam arahannya, Sekda, Nur Solekan, mengatakan, bahwa inovasi dalam dunia pendidikan merupakan sebuah upaya yang terstruktur dan menggunakan cara berpikir out of the box. Untuk itu, dirinya mengajak para guru (tenaga pendidik) untuk terbiasa berpola fikir kritis dengan mengasah kemampuan dalam menghadirkan ide-ide cemerlang untuk kemajuan dunia pendidikan.

Baca Juga : Meriahkan HUT PGRI Ke 78, PGRI Nganjuk Gelar Perlombaan Tradisional

Sekda Nur Solekan, juga menegaskan, untuk menghasilkan berbagai inovasi yang mampu berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Nganjuk. Maka diperlukan perencanaan kegiatan pembangunan di dunia pendidikan yang secara sistematis.

“Hal tersebut sesuai dengan satu agenda perencanaan mulai dari RPJPD, RPJMD kemudian sampai pada RKPD. Ini tentunya menggunakan Renstra yang kemudian dilaksanakan pada APBD, ketika itu sudah dijalankan secara maksimal. Maka, harus ada ruang untuk mengimplementasikan seluruh kegiatan itu menjadi sebuah satu kegiatan inovasi yang itu nantinya akan memberikan sumbangsih untuk kemajuan pendidikan kita," terangnya.

Menyikapi hal itu, Sekda Nur Solekan lantas membeberkan 5 poin arahan Presiden RI terkait pembangunan. Diantaranya, yakni misi pembangunan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Didalamnya terkandung maksud bahwa pembangunan SDM menjadi hal yang utama, kemudian disusul dengan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Baca Juga : Belajar Dunia Broadcasting, SDI Miftakhul Huda Kunjungi Studio RSAL FM

“Ini juga termasuk dalam 7 agenda pembangunan yang menjadi fokus utama Pemkab Nganjuk. Salah satunya meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing dengan memanfaatkan intuisi pemahaman dan pengendapan teori-teori yang sistematis," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sekda Nur Solekan, turut mengapresiasi atas capaian dan prestasi Sekolah Dasar Negeri yang telah berhasil menjadi pemenang dalam ajang 'Sekolah Inovatif pada tahun 2023'. Tidak hanya itu, Sekda Nur Solekan juga menargetkan pada tahun 2025 nanti, separuh dari jumlah SD Negeri di Kabupaten Nganjuk sudah menyandang predikat Sekolah Adiwiyata.

"Sebab Adiwiyata sangat bersinggungan dengan lingkungan hidup. Maka, sekolah yang belum mendapat gelar Adiwiyata akan kami kunjungi dan kita dorong untuk segera menjadi sekolah Adiwiyata karena itu program yang terintegrasi dengan dinas LH yang bagus untuk menerapkan kebersihan dan keindahan lingkungan yang sehat di dalam sekolah," tutup Seksa Nur Solekan.

Baca Juga : Buka Pleno IGTKI-PGRI, Kang Marhaen Ajak Guru jadi Menyenangkan

Sementara itu, Sopingi, selaku Kepala Dinas Pendidikan Nganjuk menyebut kegiatan tersebut tujuan utamanya yaitu meningkatkan inovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Angin. "Apa yang kita laksanakan hari ini mempunyai tujuan bagaimana kita meningkatkan inovasi yang ada di sekolahan, sehingga goalnya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Nganjuk," tuturnya.

Dalam laporannya, Dia menginformasikan ada 140 peserta yang terdiri dari MKKS SMP Negeri, Ketua IGTKI, Ketua Himpaudi, Kepsek SD se Kabupaten Nganjuk. Melalui giat ini, Sopingi berharap, sosialisasi tersebut dapat mendorong para tenaga didik dapat lebih berinovasi memajukan pendidikan serta menggali potensi anak didik di Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Perguruan Tinggi Berdaya Saing, Forum PT PGRI Gelar Rapat Bersama di Nganjuk

Adapaun, daftar sekolah pemenang lomba Sekolah Inovatif tahun 2023 ialah :

1. Juara 1 SDN 1 Drenges-Kertosono (Inovasi : Sagusanov LabMayPhet yaitu Satu Guru Satu Inovasi Laboratorium Maya dengan Phet)

2. Juara 2 SDN 1 Jati Greges-Pace (Inovasi : Angsa Dila Memang Ratu PD yaitu Terbuang Layak Menjadi Layak Pakai Meningkatkan Angka Numerisasi Rapor Mutu Peserta Didik)

3. Juara 3 SDN 1 Sambikerep-Rejoso(Inovasi : Selisik De' Dessa yaitu Semangat Literasi Asik dengan QR Code Satu Sambikerep)

4. Harapan 1 SDN 4 Sumberkepuh-Tanjunganom (Inovasi : Bedah Dunia Bersama Bu Lisa yaitu Budaya Literasi Sekolah)

5. Harapan 2 SDN 1 Banaran Wetan-Bagor (Inovasi : Kapur Labu yaitu Peningkatan Kemampuan Literasi Numerisasi dan Karakteristik Melalui Berkebun).

(Hs/Yos)

0 Komentar