Sinergi Dengan Pemkab Nganjuk, PKK Optimalkan 10 Program Penggerak PKK

Yuni Marhaen: Tim Penggerak PKK memiliki peran sangat penting dalam memberdayakan keluarga dan masyarakat

Nganjuk, PING- Tim Penggerak PKK memiliki peran yang sangat penting dalam memberdayakan masyarakat dan mendukung pelaksanaan program-program strategis pemerintah. Dalam pemberdayaan keluarga, perempuan dan anak di Kabupaten Nganjuk.

Untuk itu, PKK harus selalu menjalin sinergi dengan baik bersama pemerintah daerah. Mulai tingkat pusat sampai bawah. Di tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.

Demikian disampaikan Yuni Marhaen saat memberikan Pembinaan Kader PKK tingkat Kecamatan Loceret dan Desa se Kecamatan Loceret, Senin (17/7/2023) di Pendopo Kecamatan Loceret.

Ketua Tim Penggerak PKK, Yuni Marhaen, mengatakan  hal tersebut dapat diwujudkan melalui pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. Tim Penggerak PKK menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi dan sinergitas dengan para stakeholder

Terbukti, ungkap Yuni Marhaen, hadirnya kader PKK ikut berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintah hingga tingkat desa (Pemdes). PKK berkolaborasi dengan Program Sekolah Perempuan, Anak dan Masyarakat Marginal (Sapa Mama).

Baca Juga: Bersama Perempuan Istimewa, Plt Bupati Nganjuk Launching SAPA MAMA Desa Loceret

Kemudian dalam  membina keluarga untuk menjadi orang tua unggul dan berkualitas, kader PKK hadir membantu menyukseskan program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), dan selanjutnya PKK juga hadir dalam program Sekolah Lanjut Usia (Selantang), sehingga lansia dapat memperoleh pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang kesehatan dan kesejahteraan di usia lanjut.

“Gerakan PKK Kabupaten, Kecamatan, sampai tingkat Desa/Kelurahan akan selalu mendukung kegiatan dan program pemerintah,” tandasnya.

Yuni Marhaen, Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, saat menyerahkan piagam kelulusan kepada Orang Tua Hebat, Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Desa Balongasem, Kecamatan Lengkong, Kamis (13/2023).

Baca Juga: Kang Marhaen Wisuda 28 Orang Tua Hebat Desa Balongasem Kecamatan Lengkong

Dalam pembinaan tersebut, Yuni Marhaen juga menekankan kepada seluruh kader penggerak PKK untuk mengoptimalkan program pokok pemberdayaan kesejahteraan keluarga. PKK harus mempu mengamalkan, juga aktif menyosialisasikan pada masyarakat.

“Peran aktif kader PKK. Karena Njenengan semua sebagai contoh di keluarga hingga lingkungan masyarakat,” tegasnya.

Selanjutnya, Yuni Marhaen juga menyampaikan kader PKK harus selalu aktif dalam mendukung program PKK mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, kata Yuni Marhaen, PKK Kabupaten akan mengadakan lomba Agustusan yang diikuti oleh kader PKK.

Baca Juga: Keren! 45 Lansia Kelurahan Jatirejo Diwisuda, Tertua Umur 90 Tahun

Yakni lomba koor lagu PKK Nganjuk Bangkit yang diikuti oleh regu kader PKK dan lomba FORIKAN menu masakan olahan ikan patin. “Pesertanya ketua PKK Kecamatan. Semua harus ikut ya!,” ajak Yuni Marhaen, disambut “siap,” oleh kader PKK yang hadir. (ZK/RL)

0 Komentar