Sigap Atasi Kekeringan di Kota Angin, Pj. Bupati Sri Handoko Salurkan Bantuan Air Bersih

Segara Bangun Lima Sumur Bur di Wilayah Terdampak Kekeringan

Nganjuk, PING- Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna menyalurkan bantuan air bersih dan sejumlah bahan pokok bagi masyarakat yang terdampak kekeringan di wilayah Kecamatan Ngluyu bersama Kepala pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Nganjuk, Staf Ahli Bupati, Ketua Kwarcab Pramuka Nganjuk dan Camat Ngluyu. 

Dalam keterangannya, Sri Handoko menyampaikan, penyaluran bantuan tersebut sebagai upaya pemerintah dalam membantu masyarakat yang kekurangan air bersih. Pihaknya, terus mendorong agar berbagai pihak bisa ikut memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan air bersih.

“Karena untuk droping air ini tidak hanya bergantung pada BPBD, tetapi dari beberapa elemen masyarakat dan hari ini juga ada dari Kwarcab Pramuka Nganjuk (memberikan bantuan),” jelas Sri Handoko, di sela-sela penyaluran air di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga : Lagi, Respon Cepat BPBD Nganjuk Atasi Kekeringan di Kota Bayu

Langkah tersebut diambil sebagai respons atas situasi darurat yang dihadapi oleh sejumlah daerah di Kabupaten Nganjuk yang mengalami kekeringan.

Dalam upaya mengatasi masalah kekurangan pasokan air bersih, Sri Handoko Taruna telah menginisiasi bersama BPBD untuk membuat lima sumur bur di daerah yang mengalami kekeringan. Salah satunya, yakni di Desa Tempuran Kecamatan Ngluyu ini.

Baca Juga : Gerak Cepat BPBD Nganjuk Atasi Kekeringan di Dusun Jatirejo, Mojoduwur, Ngetos

"Jadi, ini menjadi antisipasi kita bersama dalam menyikapi kemarau panjang dan masalah kekeringan di wilayan Kabupaten Nganjuk. Harapannya, masyarakat Nganjuk tidak lagi yang kesusahan mendapatkan air bersih," imbuh Sri Handoko.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Nganjuk, Abdul Wakhid melaporkan bahwa saat ini di beberapa wilayah Kabupaten Nganjuk sedang mengalami bencana kekeringan, kekurangan air bersih.

Menurutnya, bencana kekeringan sudah melanda Kabupaten Nganjuk sejak tanggal 20 Juli 2023 lalu. Yakni pertama kalinya terjadi di Kecamatan Lengkong, tempatnya di Dusun Jomblang Desa Ngepung dan Desa Sedanggogor.

Baca Juga : BPBD Kabupaten Nganjuk Sigap Atasi Kelangkaan Air Bersih di Desa Ngepung – Lengkong

"Sampai saat ini, ada 9 dusun 6 desa dan 4 kecamatan yang dilanda bencana kekeringan kekurangan air bersih. Oleh karena itu, dengan adanya dropping air bersih ini semoga bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat terdampak, " pungkasnya.

Adapun bantuan yang yang diserahkan, oleh Pj. Bupati Nganjuk di Desa Ngluyu dan Tempuran ialah tandon air ukuran 1200 Liter, dengan rincian 10 tandon untuk Desa Ngluyu dan 2 tandon untuk Desa Tempuran.

Kemudian, ada 100 Jirigen air ukuran 45 Liter yang diberikan untuk Desa Ngluyu dan Tempuran. Terakhir, air mineral sejumlah 100 dus untuk Desa Ngluyu dan Tempuran serta bantuan air bersih total 10.000 Liter untuk Desa Ngluyu.

0 Komentar