Sekda Nur Solekan Targetkan Nilai SAKIP Nganjuk Predikat BB

OPD diimbau perkuat pohon kinerja/cascading dan crosscutting

Nganjuk, PING- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan, memimpin rapat tindak lanjut dan persiapan evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Pemkab Nganjuk tahun 2023 bertempat di Ruang Rapat Anjuk Ladang, Rabu (27/9/2023).

Dalam arahannya, Nur Solekan menyampaikan penilaian SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, yaitu sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi dalam mendesain program dan kegiatan sesuai sasaran.

“Kita targetkan Kabupaten Nganjuk naik level grade SAKIP-nya BB atau sangat baik,” tandasnya.

Guna memperoleh target nilai yang diinginkan, Nur Solekan mengimbau Kepala Organisasi Perangkat Daerah untuk memperkuat penajaman pohon kinerja, cassading, dan cross cutting di masing-masing unit kerjanya.

Pohon kinerja yang merupakan penjabaran kinerja dan indikator kinerja, ungkap Nur Solekan, harus lebih terperinci sesuai dengan yang diperlukan organisasi untuk menghasilkan outcome yang diinginkan.

“Sesuai dengan tematik pengentasan kemiskinan, ada empat bidang. Bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pertanian,” kata Sekda.

Oleh karena itu, jelas Nur Solekan, integrasi sistem dan program/kegiatan menjadi penting untuk dilakukan. Melalui perencanaan/program yang terintegrasi. “Sinergi/kolaborasi antar perangkat daerah (cross cutting program) harus dilakukan agar semua program tematik bisa terealisasikan,” urainya.

Selanjutnya, seluruh perangkat daerah diharapkan untuk menyempurnakan kembali cascading dan cross cutting program. Hal tersebut dikarenakan perencanaan yang terintegrasi berarti juga merencanakan penganggaran yang terintegrasi.

“Semoga langkah kita bersama ini, akan dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan program dan visi misi menyelenggarakan sistem pemerintahan birokrasi yang akuntabilitas,” pungkasnya.

Hadir pada rakor ini, Asisten Bupati, Staf Ahli bupati, Kepala Bappeda Nganjuk, Inspektur Daerah Nganjuk, dan Kepala Perangkat Daerah lainnya di lingkungan Pemkab Nganjuk. Hadir juga Camat se-Kabupaten Nganjuk, Kasubbag Program dan Evaluasi perangkat daerah dan perwakilan BPS Nganjuk. (ZK/RL)

0 Komentar