Segera, Nganjuk Dalam Genggaman Menjadi Mudah Pelayanan

Nganjuk Smart City menjadi program priotas andalan Bupati Nganjuk

Nganjuk, PING- Nganjuk dalam genggaman akan segera terwujud. Masyarakat dengan mudah akan dapat mengakses informasi dan pelayanan publik melalui smartphone dengan satu aplikasi Nganjuk Smart City (NSC).

Demikian yang disampaikan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat memimpin Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Nganjuk Smart City dan Kawasan Ekonomi Nganjuk Digital (KEN Digital), Senin (21/8/2023) bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk.

“Nganjuk dalam genggaman, informasi dan pelayanan masyarakat apapun dapat diakses dengan HP (Handphone),” kata Kang Marhaen sapaan akrab Bupati Nganjuk.

Dijelaskannya, percepatan transformasi digital saat ini menjadi program prioritasnya yang harus segera terealisasikan. Setelah lahirnya beberapa aplikasi pelayanan publik di masing-masing OPD, Pemkab Nganjuk menyiapkan satu aplikasi yang isinya seluruh pelayanan publik pada Perangkat Daerah, terang Kang Marhaen.

“Jadi masyarakat mudah. Tinggal klik di dalam satu aplikasi, dapat mengakses seluruh pelayanan publik yang akan digunakan,” tandasnya, tanpa harus masuk satu aplikasi ke aplikasi lainnya, sebut Kang Marhaen.

Tujuannya, untuk memudahkan masyarakat tanpa harus menghafal banyaknya alamat portal informasi layanan publik.  “Semuanya ada di portal NSC, Nganjuk Smart City,” bebernya. 

Karena bagi Kang Marhaen, selain pembangunan fisik (infrastruktur luar) juga penting membangun non fisik. Maka dibutuhkan komponen yang harus ikut melengkapi. Apa itu? Kita bangun hardware, brainware dan softwarenya.

“Komitmen dari bapak-ibu, penjenengan semua ini yang kami butuhkan. Mengembangkan Smart City harus kita bangun bersama-sama,” tegas Kang Marhaen.

Sementara itu, Slamet Basuki, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk, menyebut transformasi digital masuk ke dalam salah satu dari 14 program prioritas Bupati Nganjuk. Memudahkan pelayanan masyarakat melalui layanan digital.

Menjadi PR (Pekerjaan Rumah/Dinas) yang berada di unit Organisasinya, Slamet Basuki menyebut pihaknya tengah menyiapkan sistem pelayanan informasi berbabsis aplikasi NSC. Untuk mengintegrasikan teknologi digital di semua Organisasi Perangkat Daerah. Tidak hanya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk pun juga dengan organisasi vertikal di Kota Bayu.

“Kita rumahkan ke dalam satu aplikasi namanya Portal Nganjuk Smart City. Akan banyak kamar (layanan publik) di dalamnya. Misalnya kamar adminduk, layanan RSD, izin online dan seterusnya,” bebernya sembari menyebut aplikasi NSC saat ini masih dalam proses pengembangannya. “Target bulan depan (September) bisa kita launching Nganjuk dalam genggaman,” pungkasnya

0 Komentar