RSD Nganjuk Respon Cepat Pengaduan Warga

Menanggapai keluhan pasien di Surat Pembaca Jawa Pos, RSD Nganjuk bergerak cepat. Diantaranya, melengkapi sarpras di ruang rawat inap rumah sakit.

Nganjuk, PING- Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) Kabupaten Nganjuk, dr. Tien Farida Yani, menekankan pentingnya pelayanan prima kepada masyarakat. Khususnya bagi mereka yang membutuhkan layanan kesehatan di RSD Nganjuk. 

“Jadi kemarin itu, kita mendapat laporan salah satu remote AC yang berada di Ruang Alamanda rusak. Dan saat itu juga masih dalam proses pemesanan (unit baru). Mungkin, karena kurangnya komunikasi  juga tidak ada pemberitahuan, AC tidak bisa nyala dan digunakan. Tapi, untuk saat ini sudah bisa,” terang dr. Tien Direktur RSD Nganjuk (02/12/2023) saat ditemui PING di kantornya. 

Mantan Direktur RSD Kertosono itu menegaskan usai menerima laporan, pihaknya langsung melakukan evaluasi handling complaint bersama dengan seluruh jajaran direksi RSD Nganjuk. Untuk memberikan layanan kepuasan kepada masyarakat.

Pimpinan rumah sakit daerah tipe B itu mengimbau masyarakat atau pasien RSD Nganjuk, untuk juga aktif bertanya apabila ada kendala atau kurangnya pelayanan. “Jangan sungkan-sungkan. Kami, petugas yang berada di setiap ruangan akan selalu siap melayani,” tegasnya, menyebut memberikan pelayanan prima adalah tujuannya. 

Dorong Zero Complain

Zero Complain dalam memberikan pelayanan prima kepada pasien menjadi tujuan RSD Nganjuk. dr. Tien Farida Yani. Dia menegaskan, seluruh pegawai RSD Nganjuk harus punya komitmen bersama melayani masyarakat.

“Responsif dalam menanggapi aduan/laporan ataupun pertanyaan dari masyarakat atau pasien, kaitanya dengan pelayanan Rumah Sakit,” tuturnya.

Hal ini dilakukan untuk menunjang pelayanan prima pada masyarakat, ungkap dr.Tien Farida, pihaknya selalu aktif melakukan evaluasi layanan dan menerima masukan-masukan dari masyarakat. 

“Pangaduan itu penting sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan layanan kami,” jelas Tien Farida, sembari menegaskan itu artinya, masyarakat/pengguna layanan peduli. 

“Dan kita perbaiki. Dengan harapan, target zero complain dapat terwujud,” tandasnya. 

Dikatakannya, saat ini RSD Nganjuk tengah melakukan optimalisasi layanan, baik pelayanan langsung kepada masyarakat pun juga kelengkapan sarpras penunjangnya. “Semua kita lakukan sesuai dengan standart dan akreditasi rumah sakit,” bebernya.

Akan Beri Apresiasi Pengguna Layanan yang Komplain

Sementara itu, Kabid Pelayanan Penunjang RSD Nganjuk, Siti Fatonah memastikan semua pelayanan pasien dilakukan dengan baik. Untuk memitigasi kekurangan pelayanan, pihaknya aktif melakukan supervisi managemen fasilitas bersama masing-masing unit layanan. 

“Untuk menjamin ketersediaan fasilitas 24 jam, 7 hari. Artinya apabila ada yang kurang sesuai, kami segera mempersiapkan ketersediaan fasilitas tersebut," ucapnya.

Siti Fatonah menambahkan, untuk menunjang fasilitas layanan kepada pasien, RSD Nganjuk menyediakan parcel bagi pasien Ruang Alamanda. Tujuannya, untuk memberikan kepuasan layanan kepada pasien beserta keluarganya.

"Sebagai ungkapan terima kasih atas saran dan masukan untuk peningkatan layanan fasilitas RSD Nganjuk selanjutnya, kami juga akan mengundang pengguna layanan yang menyampaikan aduan/masukan kepada kami," tambahnya.

Sebagai informasi, bagi masyarakat untuk melengkapi informasi pelayanan Rumah Sakit Daerah Nganjuk juga dapat mengakses website https://rsud.nganjukkab.go.id/.

0 Komentar