Resmi Dikukuhkan Menjadi Rutan Kelas IIB Nganjuk Bersinar, Samsul Huda: Selamat dan Sukses

Sukses mewujudkan Rutan yang bersih dari narkoba (Bersinar)

Nganjuk, PING- Rutan Kelas IIB Nganjuk telah resmi dikukuhkan menjadi Rutan Nganjuk Bersinar. Yakni rutan yang bersih dari narkoba (Bersinar). Ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Rutan Kelas IIB Nganjuk dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nganjuk, Selasa (28/2/2023) di Aula Rutan Nganjuk.

Kepala Rutan Kelas IIB Nganjuk, Bambang Hendra menyampaikan, penandatanganan MoU ini adalah bentuk komitmennya dalam mewujudkan Rutan Kelas IIB Nganjuk menjadi rutan yang bersih dari narkoba. Bersinar lingkunganya, baik petugas maupun warga binaan Rutan.

“Ini juga tindaklanjut dari deklarasi Zero Bersinar pegawai dan warga binaan rutan, pada tanggal 16 Februari 2023. Dilanjutkan, pada tanggal 23 Februari 2023 kita menggelar razia gabungan bersama TNI, POLRI, BNN Nganjuk, sekaligus tes urine secara masal kepada pegawai dan warga binaan. Hasilnya tidak ada penggunaan obat-obatan terlarang, handphone, dan narkoba,” tegasnya menyebut Rutan Nganjuk siap perang melawan narkoba menuju Rutan Bersinar.

Bambang Hendra menambahkan, penandatangan MoU juga sebagai salah satu bentuk sinergitas dalam rangkaian P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba) baik ke petugas/pegawai  maupun warga binaan Rutan.

“Clean and Clear. Aman dan kondusif dengan jalinan kejasama sinergi yang berjalan dengan baik,” harapnya.

Pemukulan gong oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda didampingi Kepala Rutan Nganjuk dan Perwakilan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur sebagai tanda telah dikukuhkannya Rutan Kelas IIB Nganjuk sebagai Rutan Bersinar.

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut, perwakilan Forkopimda Nganjuk, Perwakilan Unit Kemasyarakatan dan Imigrasi Korwil Kediri, Kemenag Nganjuk, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nganjuk, Pejabat struktural Rutan Kelas IIB Nganjuk, Lurah Kauman dan para tamu undangan lainnya.

Mewakili Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Samsul Huda menyampaikan selamat dan apresiasinya kepada Rutan Kelas IIB Nganjuk Bersinar. Yang telah sukses mewujudkan Rutan yang bersih dari narkoa (Bersinar). “Penghargaan setinggi-tingginya atas Komitmen Kepala Rutan dan BNN Kabupaten Nganjuk. Bebas dari narkoba, baik dari kelembagaan dan seluruh SDM (Sumber Daya Manusia) pegawai maupun seluruh penghuni warga binaan Rutan Kabupaten Nganjuk,” jelasnya.

Ditambahkan Samsul Huda, kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, Rutan Kelas IIB Nganjuk, dan BNN Kabupaten Nganjuk diharapkan dapat terus berjalan dengan baik dan optimal.

Diakuinya, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk juga telah menjalin kerjasama yang baik dengan Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur. Hubungan kerjasama yang baik itu, kata Samsul Huda, diwujudkan dalam pengembangan JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum) Kabupaten Nganjuk.

Selanjutnya, pengembangan bantuan hukum, dan terkahir kegiatan paralegal justice award. “Semoga kerjasama yang baik ini akan terus berjalan baik dan seoptimal mungkin,” tambahnya.

(ZK/YS/RL)

0 Komentar