Ramadhita Putra Purnomo Optimis Torehkan Prestasi di Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023

Jalani Fact Finding Tim Penilai dari Kemenpora RI

Nganjuk, PING – Tiga tahun berturut-turut Pemuda Pelopor Kabupaten Nganjuk mewakili Provinsi Jawa Timur dalam ajang Pemuda Pelopor Tingkat Nasional. Setelah sebelumnya di tahun 2021, R. Luthfi Badaralam, Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial, dan Budaya, serta Dimas Panji Nugroho Pemuda Pelopor Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Pariwisata berhasil meraih juara 2 dan 3 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional.

Kemudian di tahun 2022 lalu, Yona Prasegi, Pemuda Pelopor Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Pariwisata juga berhasil meraih juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional.

Baca Juga : Dukung Penuh, Disporabudpar Harap Ramadhita Putra Purnomo Juara Pemuda Pelopor Nasional

Kini di tahun 2023, Ramadhita Putra Purnomo, pemuda asal Desa Pandantoyo Kecamatan Kertosono sedang berjuang menorehkan kembali prestasi Pemuda Pelopor Kabupaten Nganjuk di tingkat Nasional. 

Rama, sapaan akrab Ramadhita Putra Purnomo telah menjalani Fact Finding atau penilaian langsung ke lapangan oleh Tim Penilai dari Kemenpora RI pada Selasa (5/9/2023) di kediamannya Desa Pandantoyo, Kertosono.

Kepada PING, Rama menyampaikan rasa optimisnya dalam rangkaian kegiatan Fact Finding atas inovasinya mengolah limbah kulit bawang merah oleh Tim Penilai dari Kemenpora RI. Pihaknya bersyukur telah mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat, stakeholder, Pemkab Nganjuk, dan Pemprov Jatim.

“Sebagai Pemuda Pelopor Kabupaten Nganjuk, sudah menjadi tanggungjawabnya untuk mengimplementasikan keilmuannya dan berkontribusi untuk masyarakat karena membantu masyarakat adalah tujuan adanya Pemuda Pelopor,” beber mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tersebut.

Baca Juga : Kang Marhaen Sambut Kunjungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023

“Sudah 3 tahun, sejak tahun 2020 hingga 2023 kami bergerak mengembangkan inovasi dan teknologi pengolahan limbah kulit bawang merah. Tentu dengan dukungan dari berbagai pihak, kami optimis dapat kembali meraih prestasi di Tingkat Nasional,” tuturnya.

Untuk diketahui, inovasi teknologi yang diusung Ramadhita Putra Purnomo dalam Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023 adalah inovasi teknologi penjernihan minyak jelantah dari karbon aktif kulit bawang merah. Inovasinya tersebut bernama ‘ABANG SAYANG’ yakni dengan arang brambang saring minyak jadi terang (bening). 

Secara terpisah, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyampaikan rasa bangganya kepada Pemuda Pelopor Kabupaten Nganjuk Tahun 2023 yang kembali berhasil lolos ke Tingkat Nasional. Pihaknya juga siap membantu Ramadhita Putra Purnomo dalam pengurusan hak paten atas inovasinya dalam mengolah limbah kulit bawang merah.

“Dari hasil penelitian dan riset ini nanti bisa kita bantu patenkan bahwa inovasi tersebut merupakan hasil penelitian dari Ananda Ramadhita karena inovasinya sangat bermanfaat, tidak hanya bagi masyarakat juga bagi pemerintah,” terang Kang Marhaen.

(AL/KUR)

0 Komentar