Raih Kabupaten Sehat, Pj. Bupati Nganjuk Sampaikan Program UHC pada Masyarakat Patianrowo

Dalam Acara Jambore Kader Kesehatan di PG Lestari

Nganjuk, PING - Sebagai upaya untuk menguatkan bersama dalam penangganan kesehatan lingkungan, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Kesehatan adakan Jambore Kader Kesehatan se Kecamatan Patianrowo. 

Berlangsung di Aula Pabrik Gula (PG) Lestari, pada Jumat (01/12/2023), acara tersebut secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna. 

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Nganjuk menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan apa yang diprogramkan oleh pemerintah daerah, yakni mewujudkan Kabupaten Nganjuk menjadi Kabupaten Sehat guna mencetak generasi yang cerdas dan berkualitas. 

"Program tersebut, juga didukung adanya UHC (Universal Health Converage) yang di-launching Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk sebagai upaya pemerintah daerah dalam menangani kesehatan di Kabupaten Nganjuk, pada tanggal 12 November 2023 lalu, " tandasnya. 

Kenapa demikian?, dikatakan Sri Handoko, bahwa program UHC tersebut untuk membantu masyarakat Nganjuk yang kurang mampu dalam menjadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri. 

"Layanan ini, memang menjadi rujukan masyarakat Nganjuk dalam hal kesehatan. Jadi masyarakat tidak perlu ribet lagi, UHC hadir untuk membantu masyarakat Nganjuk," tegasnya. 

Lebih lanjut, Sri Handoko berpesan kepada pemerintah ditingkat desa agar ikut berpartisipasi mensosialisasikan program UHC tersebut. Sehingga usai kegiatan ini, skema yang sudah disusun oleh pemerintah daerah dapat diketahui oleh masyarakat Kabupaten Nganjuk. 

"Karena program ini menjadi tantangan kita ditahun 2024 nanti, untuk itu mari kita bersama-sama wujudkan Nganjuk yang sehat masyarakat Nganjuk yang cerdas," imbuhnya. 

Sementara itu, Camat Patianrowo, Widi Cahyono, menambahkan sebagai wujud dukungan atas program itu. Pemerintah di Kecamatan Patianrowo terus bersinergi dengan membentuk 56 Posyandu yang ada di 11 Desa di wilayah Patianrowo. 

Menurutnya, langkah tersebut untuk mensukseskan pembangunan di Kabupaten Nganjuk yaitu menjadikan Nganjuk Kabupaten sehat dan cerdas. 

"Terbukti, ditahun 2023 ini Kabupaten Nganjuk Sukses meraih penghargaan anugerah Kabupaten sehat. Ini tentunya, atas bimbingan dan kepemimpinan Bapak Pj. Bupati Alhamdulillah kita bisa mendapatkan penghargaan tersebut dan kita berharap kedepan penghargaan ini bisa memacu kita untuk menjadi lebih baik lagi, "pungkasnya. 

Adapun, serangkaian jambore Kader Kesehatan se Kecamatan Patianrowo diawali dengan senam bersama dan dilanjut dengan motivasi dan arahan oleh Pj. Bupati Nganjuk bersama Pj. Ketua TP PKK, Jajaran Forkopimcam Patianrowo dan GM PG Lestari. (Hs/Rl) 

 

0 Komentar