Raih Desa Berseri Tingkat Jatim, Kades Bareng Siap Lebih Maju

Wujudkan Desa Bareng yang bersih dan lestari

Nganjuk, PING- Desa Bareng, Kecamatan Sawahan berhasil mendapat penghargaan Desa Bersih dan Lestari (Berseri) tingkat Pratama dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 yang dilaksanakan di Kota Malang, Senin (4/9/2023).

Peghargaan sebagai Desa Berseri Pratama, diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur, Jempin Marbun, kepada Kepala Desa (Kades) Bareng, Ilham Nova Widiyatmoko. 

Selaku Kades, Ilham Nova Widiyatmoko, merasa senang dan bangga mendapatkan penghargaan desa berseri tingkat pratama tahun 2023. Penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Desa Bareng. Sebab, menurut Kades Bareng, tanpa dukungan dari masyarakat, Desa Berseri tidak dapat terwujud di desanya.

“Pertama saya mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT atas apa yang kami raih saat ini. Terima kasih juga atas kerja keras teman-teman RT, RW, dan warga sehingga apa yang kita harapkan bisa terwujud,” ujarnya sembari menyebut pada Berseri tingkat Pratama, penilaiannya pada 2 RW di wilayahnya. “RW 002 di RT 004 dan RT 002, kemudian RW 003 di RT 003 dan RT 004,” sambungnya.

Baca Juga: Sambut HBA ke-63, Kejari Nganjuk Gelar Layanan Kesehatan & Pengobatan Gratis di Desa Bareng Sawahan

Penghargaan sebagai Desa Berseri tingkat Pratama yang diterimanya, menurutnya akan menjadi dorongan motivasi untuk melakukan berbagai inovasi di desa yang dipimpinnya. Menuju Desa Berseri tingkat Madya hingga dapat naik di tingkat Mandiri, tandasnya.

“Yang jelas, penghargaan ini tidak akan pernah membuat kami puas, kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan inovasi desa sehingga apa yang dicita-citakan bersama masyarakat bisa selalu terwujud nyata, untuk mewujudkan manajemen lingkungan yang bersih dan lestari,” pungkas Kades Muda Bareng.

Sebagai informasi, program desa/kelurahan berseri dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Berseri tingkat Rintisan yang dibina dan diseleksi oleh kabupaten/kota dengan penilaian pada 1 RW. Sedangkan tingkat provinsi terdapat 2 kategori yaitu Berseri tingkat Pratama penilaiannya pada 2 RW, dan Berseri tingkat Madya minimal telah mengelola 3 RW.

Baca Juga: Tata Kelola Lingkungan Hidup Berkelanjutan, DLH Akan Segera Rampungkan Draf KLHS Kabupaten Nganjuk

Program Desa/Kelurahan Berseri ini adalah program yang dicanangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam hal pengelolaan lingkungan hidup yang ada di desa/kelurahan sehingga menjadi desa yang bersih, rapi, dan indah. (ZK/RL)

0 Komentar