Polda Jawa Timur Siap Sukseskan Pemilu 2024 Bersama Awak Media/Pers

Polres Nganjuk bersama awak media ikuti pelatihan peliputan pemilu 2024

Nganjuk, PING- Polres Nganjuk bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Nganjuk mengikuti acara Pelatihan dan Peliputan Pemilu 2024 yang diselanggarakan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Rabu (10/10/2023).

Dipimpin langsung oleh Wakapolres Nganjuk, Kompol Mustijat Priyambodo, S.I.K., M.H., PWI bersama para awak media mengikuti Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur secara daring dari Ruang Rapat Rupatama, Polres Nganjuk.

Hadir juga mengikuti acara pelatihan, anggota KPU Nganjuk, perwakilan Bawaslu Nganjuk, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk. Kegitan ini juga diikuti oleh jajaran Polres di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Baca Juga : Polres Nganjuk Gelar Syukuran Harlantas Bhayangkara ke-68

Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 Polda Jatim, mengusung tema “Sinergitas Polda Jawa Timur Bersama Awak Media dalam Menyukseskan Pemilu 2024”, diharapkan Kapolda Jatim, Irjen Toni Harmanto, dapat menjadikan Polri sebagai mitra kerja awak media yang baik. Mewujudkan pemilu yang damai, sejuk, aman, dan nyaman.

“Sehingga terciptanya sinergitas dan kolaborasi yang baik antara Polri dan awak media yang dapat menghasilkan simbiosis mutualisme. Mari kita jaga saluran komunikasi yang terbuka antara media dan Polri,” ucap Kapolda saat membuka dan menyampaikan arahannya kepada seluruh awak media yang hadir.

Polri siap memberikan pelatihan dan informasi terkini kepada rekan-rekan media mengenai hukum, regulasi, serta perkembangan terbaru dalam bidang keamanan dan penegakkan hukum, tegas Kapolda Jatim.

“Kami akan menerima dengan baik, kritik yang bersifat konstruktif dan umpan balik dari media,” tuturnya.

Baca Juga : Jelang Pemilu 2024, Polres Nganjuk Gelar Operasi Zebra Semeru

Toni juga berpesan kepada para awak media untuk selalu menyuarakan hal-hal yang penting dan akurat. “Berikan informasi yang bersifat utuh supaya tidak salah komunikasi. Konten-konten yang berimbang, berita akurat, tidak subjektif, juga yang dapat dipertanggungjawabkan,” harap Kapolda.

"Masukkan narasi yang positif dan damai untuk kesuksesan pemilu 2024,” pungkasnya.

Arahan Kapolda Jawa Timur, pun diamini oleh Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim. Dia mengajak para insan media berkolaborasi dengan Polri untuk menyukseskan Pemilu serentak 2024.

“Kolaborasi antara awak media dengan Polri ini harus terus dibangun karena salah satu tujuannya adalah untuk menyukseskan Pemilu 2024,” kata Ketua PWI Jatim.

Peran media didukung dengan skill dan peningkatan kapasitas, bisa menjadi referensi opini di tengah kebingungan masyarakat. Bagi Lutfil Hakim, media bukan hanya melahirkan karya jurnalistik mencerdaskan, tetapi juga wajib memberikan pemahaman masyarakat, memilih, dan memilah siapa yang lebih pantas dipilih dalam Pemilu pun juga sangat penting.

“Supaya jika yang terpilih benar-benar terbaik mewakili rakyat, sesuai harapan kita, maka lahirkan pemerintahan yang berkualitas,” katanya.

Baca Juga : Wakapolres Pimpin Latihan Pasukan Gelar Operasi Patuh Semeru 2023

Selanjutnya, ungkap Lutfil Hakim, Pemilu yang erat kaitanya dengan distorsi informasi, hoaks, bahkan fitnah, peran media sangat penting dalam menyampaikan informasi yang akurat dan presisi. “Jurnalis dituntut tanggung jawab. Menulis berita sesuai dengan tahapan dan kebenarannya,” imbaunya.

Sehingga masyarakat dapat mengonfirmasi tentang kebenaran berita. Selain itu, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat, penyelengaraan Pemilu di Jatim akan aman, nyaman, tentram, dan lancar.

0 Komentar