Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna Buka Pelatihan Pelinting Rokok

Diikuti oleh 150 peserta

Nganjuk, PING- Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna membuka Pelatihan Pelinting Rokok, Selasa (14/11/2023) di Front One Ratu Hotel, Nganjuk. Pelatihan ini diikuti oleh 150 peserta dari 6 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk.

Dalam arahannya, Sri Handoko Taruna, mengimbau para peserta untuk mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan serius. Agar, peserta setelah mengikuti pelatihan memilki skill dan pengetahuan untuk kesiapan mereka di dunia kerja.

“Saya berharap pelatihan ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Bukan kita maknai secara bekerjanya saja. Tetapi ada nilai keilmuan, pengetahuan dan niat semangat, sebagai bekal kita nanti saat bekerja atau mencari kerja,” ucapnya.

Baca Juga :  Ciptakan Wirausaha Kuliner Kekinian, Disnaker Berikan Pelatihan Memasak Warga Prambon

Sri Handoko Taruna menyebut, pelatihan ini merupakan bentuk kerjasama yang apik antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi. Sinergi kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nganjuk dalam memberdayakan masyarakat.

“Sinergi titik temu antara lembaga pendidikan tri dharma perguruan tinggi dan pemerintah daerah yang berusaha memberdayakan masyarakatnya, sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan dalam dunia kerja,” kata Sri Handoko.

Pria yang tidak merokok tersebut menjelaskan, secara data, ada 19 perusahan rokok di Kota Angin. Dia berharap setelah memiliki keterampilan, para peserta palatihan juga dapat diterima di perusahaan-perusahaan tersebut yang membutuhkan tenaga kerja.

Baca Juga : Sampaikan Pentingnya Knowledge Attitude of Skill, Samsul Huda Buka Diklat Kebandarudaraan

Terlebih, sesuai kebijakan Pemkab Nganjuk, perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Nganjuk juga wajib mempekerjakan warga lokal asli Nganjuk.

“Ini menjadi momentum, karena mereka yang memiliki keahlian, pasti akan dicari dan dipilih,” jelasnya sembari menyebut saat ini total jumlah pekerja pelinting rokok di Nganjuk mencapai 1.260 orang.

Sementara itu, Kepala Disperindag Nganjuk, Haris Jatmiko dalam laporannya mengatakan, pelatihan ini kali ke dua dilaksanakan di Kota Angin bersama STIE Nganjuk. Tujuannya untuk memberikan bekal ilmu keterampilan dalam mencari pekerjaan. "Angkatan pertama diikuti oleh 225 peserta dari 8 Kecamatan,” bebernya.

Dikatakan Haris, para peserta nantinya akan diberikan pelatihan selama 4 hari. Dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 17 November 2023. “Pendaftaran dan pelatihannya semua secara Gratis,” tandasnya.

Haris pun berharap, usai mengikuti pelatihan, para peserta dapat segera memperoleh pekerjaan. Pelatihan ini sebagai modal awal melaksanakan pekerjaan dengan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki selama pelatihan.

Baca Juga : Kurangi Angka Pengangguran Terbuka, Disnaker Nganjuk Gelar Pelatihan Barbershop

“Kita berikan sertifikat pelatihan bagi para peserta. Sebagai modal awal dan bekal manakala mereka ingin melamar di perusahaan-perusahaan rokok,” pungkasnya.

 

0 Komentar