Pj. Bupati Nganjuk Sampaikan Raperda APBD dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024

Sri Handoko Taruna: Anggaran adalah uang rakyat, manfaatkan untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat

Nganjuk, PING - Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk dalam rangka Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) tentang APBD dan Lampiran Selengkapnya dengan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024, Jum'at (29/9/2023).

Turut mendampingi Pj. Bupati Nganjuk, Staf Ahli, Asisten Bupati Nganjuk, Sekda Nganjuk, Inspektur Daerah, Kepala OPD se-Kabupaten Nganjuk, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk beserta jajaran, dan para undangan lainnya.

Dalam penyampaiannya, Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menegaskan pentingnya melakukan sinergitas dalam menyelaraskan antara kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah pusat pada penyusunan APBD tahun anggaran 2024.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah daerah memfokuskan pencapaian target pada pelayanan publik dengan menganggarkan program, kegiatan, dan sub kegiatan berdasarkan skala prioritas.

“Dan kebutuhan daerah yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan urusan pemerintahan wajib terkait dengan pelayanan dasar publik. Antara lain pemenuhan belanja wajib (mandatory spending), pemenuhan target Standar Pelayanan Minimal (SPM), serta pencapaian sasaran pembangunan,” jelasnya. 

Sri Handoko Taruna juga menuturkan bahwa Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Nganjuk telah berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan penyusunan APBD, mulai dari perencanaan dan penganggaran agar selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Peraturan Perundang-undangan dan terhindar dari sanksi pemerintah pusat.

“Tahun 2024 adalah tahun politik, kita harus menganggarkan untuk Pemilu dan Pilkada serentak. Kendala kami laporkan dalam proses penyusunan APBD mulai dari perencanaan dan penganggaran harus dihadapi oleh seluruh perangkat daerah sehingga penyampaian rapat dilakukan lebih awal,” bebernya.

Selanjutnya, Sri Handoko Taruna menyampaikan garis-garis besar rencana pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Nganjuk tahun anggaran 2024, yakni:

Pertama, Pendapatan Daerah secara garis besar direncanakan sebesar Rp. 2.337.497.150.950 (Dua Triliun Tiga Ratus Tiga Puluh Tujuh Miliar Empat Ratus Sembilan Puluh Tujuh Juta Seratus Lima Puluh Ribu Sembilan Ratus Lima Puluh Rupiah).

Kedua, Belanja Daerah secara garis besar direncanakan sebesar Rp. 2.600.697.150.950 (Dua Triliun Enam Ratus Miliar Enam Ratus Sembilan Puluh Tujuh Juta Seratus Lima Puluh Ribu Sembilan Ratus Lima Puluh Rupiah).

Ketiga, Pembiayaan Daerah secara garis besar Penerimaan Pembiayaan Daerah direncanakan sebesar Rp. 270.000.000.000 (Dua Ratus Tujuh Puluh Miliar Rupiah) dan Pengeluaran Pembiayaan Daerah direncanakan sebesar Rp. 6.800.000.000 (Enam Miliar Delapan Ratus Juta Rupiah). 

“Yang jelas anggaran adalah uang rakyat, mari dimanfaatkan untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” tegas Sri Handoko Taruna. 

0 Komentar