Pj. Bupati Nganjuk Saksikan Sispamkota, Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2024

Acara berlangsung atraktif dalam kesiapsiagaan pengamanan pesta demokrasi

Nganjuk, PING- Dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak tahun 2024. Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menyaksikan langsung Simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) yang digelar oleh Kepolisian Resor Nganjuk di GOR Bung Karno, Begadung, Kamis (12/10/2023).

Simulasi pengamanan pemilu, ditandai dengan apel kesiapsiagaan peserta pengamanan pemilu dari jajaran Polres Nganjuk, Kodim 0810/Nganjuk, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Nganjuk. Acara juga ditandai dengan pemencetan tombol sirine oleh Pj. Bupati Nganjuk bersama Kapolres Nganjuk dan jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga: Momen HUT TNI ke-78, TNI Siap Kawal Pemilu 2024

Turut hadir dalam simulasi, Ketua KPU Nganjuk, Ketua Bawaslu Nganjuk, Forkopimcam se-Kabupaten Nganjuk, Kepala OPD, dan tamu undangan lainnya.

Simulasi berlangsung atraktif memperagakan pengamanan pemilu, dari pendistribusian logistik surat suara, pengamanan kampanye, pengamanan masa tenang pemilu, pemungutan suara (TPS), hingga pengamanan rekapitulasi perolehan suara pemilu. Semuanya berjalan dengan tertib dan lancar.

Usai menyaksikan simulasi bagaimana proses pengamanan pemilu, Sri Handoko Taruna menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Polres Nganjuk yang telah sukses menyelenggarakan SISPAMKOTA Pemilu 2024 di Kota Angin. “Sinergi dengan seluruh stakeholder, saya yakin pemilu 2024 di Nganjuk akan berjalan dengan aman dan kondusif,” terangnya.

Pemilu 2024 merupakan sarana demokrasi kedaulatan untuk rakyat. Oleh karena itu, Sri Handoko menyebut pemilu harus diselenggarakan secara berkualitas melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif secara bersama-sama.

“Detail dan kompak, seluruh aparatur bersinergi dalam simulasi pegamanan pemilu hari ini, menunjukkan kesiapan kita dalam menyambut Pemilu 2024,” beber Mas Bupati Nganjuk, sapaan akrabnya.

Bupati berharap kesiapan pemilu 2024 ini akan berjalan dengan baik, lancar, dan kondiusif. Sinergi dan kolaborasi dari semua pihak atau stakeholder. Masyarakat dapat bersuka cita menyambut pesta demokrasi. “Gunakan hak pilih kita dengan baik untuk pesta demokrasi pemilu 2024 nanti,” imbuh Sri Handoko.

Baca Juga: Polda Jawa Timur Siap Sukseskan Pemilu 2024 Bersama Awak Media/Pers

Sementara itu, Kapolres Nganjuk, AKBP Muhammad, mengatakan kegiatan ini sengaja digelar dengan melibatkan jajaran Polri, TNI, serta unsur terkait lainnya. Acara ini merupakan salah satu bentuk kesiapan dari Polres Nganjuk bersama Forkopimda Nganjuk untuk mengamankan Pemilu 2024. “Kita siap mengawal pemilu 2024 Nganjuk, aman dan kondusif,” tandasnya.

Pola pengamanan pemilu dilaksanakan secara berbeda dan bertahap, sesuai dengan kondisi dan situasi. Dimulai saat masa pendistribusian surat suara, masa kampanye, masa tenang, juga pengamanan tempat pemungutan suara. “Tahapan-tahapan sudah kita laksanakan (simulasi) dari distribusi sampai dengan perekapan/rekapitulasi suara,” ucapnya.

Baca Juga: Genap Berusia 64 Tahun, Pepabri Nganjuk Bersatu Sukseskan Pemilu 2024

“Polri bersama TNI, Forkopimda, kita siap melakukan pengamanan dalam rangka pesta demokrasi pemilu 2024,” pungkasnya. (HS/ZK/NR)

0 Komentar