Pj. Bupati Nganjuk : Fokus Kita Meningkatkan Layanan Sehat Pasiennya Lengkap Adminduknya

FKP tersebut untuk mengukur kinerja layanan/kebijakan yang telah dibuat

Nganjuk, PING- Pelayanan pemerintah daerah terhadap masyarakat sangat mempengaruhi atas tingkat kepuasan masyarakat itu sendiri. Hal inilah yang disampaikan oleh Pj. Bupati Nganjuk, dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) "Sehat Pasiennya Lengkap Adminduknya" di Ruang Rapat Anjuk Ladang, Senin(13/11/2023).

Pj. Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menyampaikan kegiatan hari ini dalam rangka layanan terpadu sehat pasiennya lengkap adminduknya, yang merupakan salah satu trobosan yang baik di Kota Angin. "Hari ini kita lagi gencar-gencarnya untuk melaksanakan bagaimana kita lengkap adminduknya, pasien pulang sehat dan sekaligus membawa dokumen adminduknya," ujar Pj. Sri Handoko.

Pihaknya sangat mengapresiasi atas giat tersebut, pasalnya FKP ini penting untuk dilaksanakan dalam memonitoring dan mengevaluasi layanan atau kebijakan apa yang masih belum mencapai target yang diharapkan. Seperti halnya yang telah dilakukan Sri Handoko ketika berkunjung ke fasilitas kesehatan di Kabupaten Nganjuk. Menurutnya, fasilitas yang ada di dalam faskes-faskes tersebut sudah cukup memadai.

"Alhamdulillah ketika kami berkunjung ke rumah sakit dan juga puskesmas di Nganjuk, menurut saya fasilitasnya cukup memadai. Kenapa saya bilang memadai, karena saat saya berkunjung di daerah luar Jawa ternyata masih sangat terbatas. Nganjuk sarprasnya sudah baik, RS maupun puskesmasnya. Kita bersyukur ternyata kita sudah luar biasa," tuturnya.

Dirinya lantas mengajak seluruh stakeholder untuk berfokus bagaimana cara meningkatkan layanan sehat pasiennya lengkap adminduknya tersebut. Selain itu, pihaknya juga mendorong untuk menyelesaikan Gertak Tunduk (Gerakan Serentak Tuntaskan Adminduk Warga) gagasan Dinas Kominfo Nganjuk agar segera diverifikasi dengan baik. Sebab, ini merupakan langkah yang progresif dalam meningkatkan layanan kesehatan dan adminduk terhadap masyarakat.

Baca Juga : Adminduk Harus Lengkap, Sekda Nur Solekan Sosialisasikan Layanan Jebol Gawang di Desa Sawahan

"Sekarang fokus kita, bagaimana meningkatkan layanan sehat pasiennya lengkap adminduknya ini. Bahan atau aplikasi ini bisa kita pilah bagaimana data nanti by name by addres lengkap adminduknya. Juga Gerakan Serentak Tuntaskan Administrasi Kependudukan (Gertak Tunduk) oleh Kominfo supaya dituntaskan tentang data kependudukan yang telah diverifikasi dengan baik, karena ini ikhtiar kita bersama, ikhtiar Kabupaten Nganjuk dan ikhtiar masyarakat Nganjuk," pungkasnya.

Sementara itu, Sub Koordinator Tata Laksana Pelayanan Publik Biro Organisasi Setda Provinsi Jatim, Amalia Pramudiansari, menyampaikan materi tentang pentingnya Forum Konsultasi Publik bagi pemda dan masyarakat. Fenomena pelayanan publik, kepuasan/ketidakpuasan masyarakat terhadap seluruh jenis layanan sangat mempengaruhi penilaiannya terhadap kinerja pelayanan secara keseluruhan.

"Tentunya mereka mengharapkan pelayanan yang baik, cepat, simpel. Tidak 10 meja cukup 2 meja saja. Maka, FKP ini intinya kita ingin tahu feedback dari layanan adminduk sehat pasienya lengkap adminduknya, sudah baik dan perlu ditingkatkan lagi atau masih kurang baik," terangnya.

Prinsip FKP dikatakan Amalia diantaranya yakni prinsip sederhana, prinsip partisipatif, prinsip transparan, prinsip berkeadilan, prinsip akuntabel, prinsip berkelanjutan. Semuanya saling mempengaruhi satu sama lain.

Baca Juga : Dinas Dukcapil Beri Pelatihan Aktivasi IKD Bagi Seluruh Operator Desa/Kelurahan

"Setiap pemda/OPD setidaknya wajib melaksanakan FKP sekurang-kurangnya 1 tahun 1 kali. Ini untuk mengukur kinerja layanan/kebijakan yang kita buat. Harus melaksanakan FKP setahun sekali supaya melihat bagaimana layanan saat ini, sudahkah kebijakan yang dibuat berjalan sesuai harapan. Monggo setelah FKP ini membuat laporan ke pimpinan sebelum akhir November 2023, karena setelah ini harus ada action," tandasnya.

Lebih lanjut, pemaparan materi tentang PSC 119 Dinkes Nganjuk oleh Kadinkes Nganjuk dr. Hendriyanto, dan pemaparan materi tentang layanan adminduk oleh Kadis Dukcapil Gatut Sugiarto. 

Sebagai informasi, acara yang dimoderatori oleh Kadis Kominfo Slamet Basuki itu, dihadiri oleh Pj Bupati Nganjuk, Kepala OPD, Sub Koordinator Tata Laksana Pelayanan Publik Biro Organisasi Setda Provinsi Jatim, Plt. Asisten Administrasi Umum, Kadis Dukcapil, Kadinkes, Direktur RSD Nganjuk, RSD Kertosono, dan segenap undangan.(Yos/Cs)

0 Komentar